18 Apr 2024

Periode April, Harga TBS Kelapa Sawit Sulbar Rp. 2.380.56/Kg

 

Mamuju-Dinas Perkebunan Sulawesi Barat (Sulbar) melaksanakan agenda kegiatan rutin setiap bulan yaitu Rapat Penetapan Indeks K dan Harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit Pekebun se-Sulbar, bertempat di Hotel Berkah Mamuju, Rabu 17 April 2024.

 

Rapat Penetapan Indeks K dan Harga TBS kali ini untuk periode April 2024. Kegiatan ini dibuka Asisten II Bidang Ekbang Setda Sulbar Muhtar, didampingi Sekretaris Dinas Perkebunan Sulbar Andi Sitti Kamalia. Turut hadir TIM Penetapan Harga TBS Kelapa Sawit Sulbar, terdiri dari Dinas Koperindag Sulbar, Dinas Tenaga Kerja Sulbar, Biro Hukum Setda Sulbar, Biro Ekbang Setda Sulbar dan Dinas yang membidangi Perkebunan Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Pasangkayu, serta Ketua Asosiasi Kelapa Sawit dan 11 Perusahaan Kelapa Sawit yangg ada di Sulbar.

 

“Alhamdulillah setelah libur lebaran ini, kami Dinas Perkebunan Sulbar melaksanakan Penetapan Harga TBS Kelapa Sawit Pekebun se-Sulbar. Ini merupakan agenda kegiatan rutin setiap bulan yang wajib untuk dilaksanakan,” ujar Sekretaris Dinas Perkebunan Sulbar, Andi Siti Kamalia. 

 

Disampaikan, dalam rapat tersebut Indeks K yang disepakati yaitu 84.40 persen dan harga TBS Kelapa Sawit sebesar Rp. 2.380.56/Kg. 

“Pembahasan penetapan hari ini (Rabu 17 April 2024) berlangsung cukup alot dan alhamdulillah kita sepakat untuk menetapkan Indeks K yang disepakati yaitu 84.40 persen dan Harga TBS berada diharga Rp. 2.380.56/Kg,” ucapnya. 

 

Harga pembelian TBS Kelapa Sawit ini merupakan harga di tingkat Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit dan berlaku untuk kebun plasma dan kebun swadaya yang telah bermitra sesuai dengan Permentan Nomor 01/ Permentan/KB.120/1/2018.

 

Harga penetapan ini berlaku mulai Kamis 18 April 2024 sampai dengan penetapan harga di bulan berikutnya.

 

Penulis : Dinas Perkebunan Sulbar

Editor : humassulbar

Read 81 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments