17 Apr 2024

Audiensi Dinas Transmigrasi Sulbar dengan Bank BPD Sulselbar Cabang Utama Mamuju, Percepatan Fasilitas Pengembangan Ekosistem Lini Bisnis

 

Mamuju-Dinas Transmigrasi Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melalui Kepala Bidang Pengembangan Kawasan Transmigrasi Ruslan Jabbar melakukan audiensi dengan Bank BPD Sulselbar Cabang Utama Mamuju, Rabu, 17 April 2024. 

 

Bertempat di Kantor BPD Sulselbar Cabang Mamuju, audience tersebut dalam rangka untuk percepatan fasilitasi pengembangan ekosistem lini bisnis bagi kawasan transmigrasi di desa tertinggal dan sangat tertinggal untuk beberapa fasilitasi bersama OPD teknis dan vertikal, adalah sebagai berikut :

 

1. Fasilitasi pengembangan ternak kecil dan besar di kawasan transmigrasi, Tutar melalui Bumdes Kawasan Transmigrasi.

2. Fasilitasi permodalan KUR dengan Badan Usaha Milik Desa fasilitasi anggota atau masyarakat.

3. Fasilitasi Tenaga Ahli atau Manajer Lini Bisnis Kawasan Transmigrasi, diutamakan 25 Manager Lini Bisnis yang magang di Kalasan Valey Yogyakarta.

4. Fasilitasi SHM (Sertifikat Hak Milik) lahan milik lini bisnis warga dan lainya di kawasan transmigrasi melalui ATR BPN.

 

Kepala Bidang Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Ruslan Jabbar menjelaskan, kedepan akan dilanjutkan dengan melakukan kunjungan kerja dan pembentukan manajemen pengembangan ternak kambing dan sapi di Kawasan Transmigrasi Tutar di Desa Taramanu Tua, Kecamatan Tutar, Kabupaten Polewali Mandar pada April 2024.

 

Dia juga menjelaskan, untuk pertemuan dengan 25 Manajer Lini Bisnis Bumdes Kawasan Transmigrasi yang telah magang di Yogyakarta untuk percepatan pembukaan atau pengembangan lini bisnis usaha desa dan masyarakat. Setiap lini bisnis Bumdes dan masyarakat dalam membentuk ekosistem bisnis, ditargetkan 20 anggota dengan luasan lahan 20 Hektare setiap jenis Prukades. 

 

”Dengan target 500 Hektare lahan usaha pertanian di 25 desa binaan Dinas Transmigrasi Sulbar, Bank BPD Sulselbar, Kalasan Valey, Dinas Pertanian Sulbar dan Kanwil ATR BPN Sulbar,” ujarnya.

 

Ia menambahkan, sesuai arahan Kepala Dinas Transmigrasi Sulbar Ibrahim, diharapkan progres pengembangan lahan bisnis dapat memberikan lapangan kerja dan memberikan pendapatan bagi masyarakat anggota dari Lini Bisnis Bumdes Kawasan Transmigrasi Sulbar.

 

Penulis : Dinas Transmigrasi Sulbar

Editor : humassulbar

Read 44 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments