18 Apr 2024

Respons Cepat Kejadian Tanah Longsor di Jalan Poros Mamasa-Mamuju, BPBD Sulbar Koordinasi dengan BPBD Mamasa

 

Mamuju- Tanah longsor terjadi di Jalan Poros Mamasa-Mamuju, tepatnya di Dusun Porara, Desa Salumokanan, Kecamatan Rantebulahan Timur (Rantim), Kabupaten Mamasa pada Selasa (16/04/2024). Menanggapi kejadian itu, Plt. Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Muhammad Yasir Fattah telah menunjukkan respons yang cepat dan tanggap terhadap kejadian tersebut dengan melakukan koordinasi dengan BPBD Mamasa.

 

Material tanah longsor tersebut menutupi sebagian badan jalan. Hingga saat ini material masih dalam proses pembersihan oleh Dinas PUPR Sulbar bekerjasama dengan Dinas PUPR Mamuju.

 

Plt. Kalaksa BPBD Sulbar Muhammad Yasir Fattah mengatakan, terakhir mendapatkan informasi dari Kalaksa BPBD Mamasa telah terjadi longsor yang menimpa salah satu rumah warga atas nama Yusuf B (Kepala Keluarga) yang beralamat di Dusun Lemo, Desa Saluassing, Kecamatan Bambang.

 

“Kejadian diperkirakan Pukul 23.00 Wita pada tanggal 17 April 2024, terjadi longsor diakibatkan hujan terus menerus mulai sore hari sampai pada malam hari. Selain rumah yang tertimpa longsoran juga satu unit motor dan perabot rumah tangga. Akibat longsor pula, akses Jalan Poros Saluassing-Saludengen terputus,” kata Muhammad Yasir Fattah, Kamis 18 April 2024.

 

Dia menyatakan, komitmen dan tindakan cepat Tim BPBD Sulbar menunjukkan pentingnya kerja sama lintas lembaga dalam menangani bencana serta perlunya respons yang cepat dan efisien untuk melindungi dan membantu masyarakat yang terkena dampak bencana alam. 

 

Penulis : BPBD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 157 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments