09 Jul 2024

Pastikan Kualitas Produk Hewan pada Usaha Retail, Dinas TPHP Sulbar Lakukan Audit NKV di Hypermart Mamuju

 

Mamuju--Tim Auditor Nomor Kontrol Veteriner (NKV) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) bersama Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas TPHP Sulbar Nur Kadar, melakukan Audit NKV pada unit usaha retail Hypermart di Kabupaten Mamuju, Senin 08 Juli 2024.

 

Audit NKV adalah proses pemeriksaan dan verifikasi yang dilakukan untuk memastikan bahwa semua produk hewan yang dijual atau diproduksi memenuhi persyaratan kesehatan hewan yang telah ditetapkan oleh otoritas terkait.

 

“Tujuan utama dari audit NKV ini adalah untuk memastikan bahwa produk-produk hewan yang beredar aman untuk dikonsumsi manusia dan mematuhi standar kebersihan serta kesehatan yang ditetapkan,”ujar drh, Stevany, salah satu Tim Auditor NKV Sulbar.

 

Menurut Stevany, audit NKV yang teratur dan ketat akan membuat konsumen semakin yakin bahwa produk hewan yang mereka beli aman untuk dikonsumsi dan memenuhi standar kebersihan yang tinggi. Sedangkan bagi industri, audit NKV membantu memastikan kepatuhan terhadap regulasi, meningkatkan reputasi, dan mengurangi risiko terkait dengan produk hewan.

 

Auditor NKV Sulbar lainnya, drh. Alpian juga menyampaikan, untuk melakukan audit sebuah unit usaha terdapat beberapa proses yang dilakukan yaitu Pemeriksaan Fisik dimana tim akan melakukan pemeriksaan langsung terhadap produk-produk hewan yang dijual di hypermart.

 

“Ini untuk memastikan bahwa kondisinya memenuhi standar kebersihan dan kesehatan, dan melakukan verifikasi dokumen seperti sertifikat kesehatan hewan, NKV, dan dokumentasi lainnya yang diperlukan sesuai peraturan,” terangnya. 

 

Sementara, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas TPHP Sulbar, Nur Kadar mengatakan, dengan melakukan audit NKV secara teratur, hypermart dapat memastikan bahwa semua produk hewan yang dijual kepada konsumen telah melewati proses pengecekan yang ketat sesuai dengan standar keamanan dan kesehatan yang ditetapkan. 

 

“Hal ini juga membantu membangun kepercayaan pelanggan terhadap kualitas produk yang mereka beli di hypermart tersebut,” ujarnya.

 

Ditemui secara terpisah, Kepala Dinas TPHP Sulbar Syamsul Ma’rif juga mengatakan, melakukan audit NKV secara teratur, semua unit usaha dapat memastikan bahwa semua produk hewan yang dijual kepada konsumen telah melewati proses pengecekan yang ketat sesuai dengan standar keamanan dan kesehatan yang ditetapkan.

 

Penulis : Dinas TPHP Sulbar

Editor : humassulbar

Read 191 times
(0 votes)