20 Sep 2024

Kabid PKH Nur Kadar Hadiri Koordinasi Strategis Pembangunan Peternakan dan Kesehatan Hewan Se-Indonesia

 

Bogor - Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH), Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Nur Kadar, menghadiri kegiatan Koordinasi Strategis Pembangunan Peternakan dan Kesehatan Hewan di Bogor yang dilaksanakan pada tanggal 15 – 19 September 2024. 

 

Koordinasi tersebut dihadiri oleh Direktur Jenderal (Dirjen) PKH Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI), drh. Agung Suganda, Kepala UPT dan Kepala Dinas yang membidangi Peternakan dan Kesehatan Hewan Se-Indonesia. 

 

Koordinasi strategis ini membahas terkait penguatan perencanaan internal dalam menghadapi tahun anggaran 2025. Salah satu langkah yang dilakukan adalah menyusun Rencana Kerja Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA-KL). Penyusunan ini bertujuan untuk menghasilkan rencana kerja yang berkualitas dan bisa dipertanggungjawabkan, baik secara internal maupun eksternal.

 

Kebijakan pembangunan di subsektor peternakan pada tahun 2025 sangat ditekankan karena merupakan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2025-2029. Fokus kebijakan tersebut yaitu meningkatkan produktivitas peternak dan memperkuat ketahanan pangan nasional, sesuai dengan visi pemerintah untuk lima tahun ke depan.

 

Dirjen PKH Kementan RI, drh. Agung Suganda menjelaskan, target pembangunan di subsektor peternakan bukan perkara mudah, terutama karena kita masih dalam proses pemulihan dari wabah Penyakit Mulut dan Kuku dan juga harus bersiap menghadapi kemungkinan krisis pangan global. 

 

“Program besar seperti Makan Bergizi dan Minum Susu akan memerlukan dukungan komoditas peternakan seperti daging, telur, dan susu. Karena itu, kita harus bisa lebih optimal dalam menjalankan tugas," ujar Agung. 

 

Sementara itu, Kabid PKH Dinas TPHP Sulbar, Nur Kadar mengatakan dengan perencanaan yang matang dan strategi yang komprehensif ini, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas peternakan dan kesehatan hewan di Indonesia terutama di Sulbar. 

 

"Program ini diharapkan tidak hanya mendukung ketahanan pangan nasional, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan peternak dan kualitas produk bidang peternakan di Sulbar," ujarnya.

 

Penulis : Dinas TPHP Sulbar

Editor : humassulbar

Read 20 times
(0 votes)