05 Jul 2024

Tingkatkan Kesiapsiagaan Terhadap Bencana Alam, BPBD Sulbar Koordinasikan Peringatan Dini Cuaca dan Iklim ke BMKG

 

Makassar--Dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan terhadap bencana alam, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan koordinasi dengan Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV – Makassar, Kamis 04 Juli 2024.

 

Koordinasi yang dilakukan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Suhardi, bersama Penata Penanggulangan Bencana Saparuddin, Analis Keuangan Pusat Keuangan Lelyana, dan Penelaah Teknis Kebijakan Rendra, diterima Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah IV – Makassar, Hanafi Hamzah.

 

Pertemuan tersebut fokus pada penerbitan peringatan dini cuaca dan iklim untuk dasarian I bulan Juli 2024 di Provinsi Sulbar. Dengan adanya kerja sama antara BPBD Sulbar dan BMKG, diharapkan masyarakat dapat lebih siap menghadapi potensi bencana yang dapat terjadi akibat kondisi cuaca dan iklim yang tidak stabil.

 

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Suhardi menegaskan pentingnya kolaborasi antara instansi terkait dalam menjaga keselamatan dan kesejahteraan masyarakat. 

 

"Koordinasi seperti ini merupakan langkah konkret dalam upaya mitigasi risiko bencana alam," pungkasnya.

 

Sementara itu, Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah IV – Makassar, Hanafi Hamzah mengatakan, dengan informasi peringatan dini yang tepat dan akurat, masyarakat khususnya di Sulbar dapat lebih siap mengantisipasi dampak dari perubahan cuaca dan iklim yang terjadi.

 

Di tempat terpisah, Plt. Kepala Pelaksana BPBD Sulbar, Muhammad Yasir Fattah mengatakan, upaya kolaboratif antara BPBD Sulbar dan BMKG tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Sulbar terkait peringatan dini cuaca dan iklim, dan tetap waspada dan siaga terhadap risiko bencana yang mungkin terjadi.

 

Penulis : BPBD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 261 times
(5 votes)