27 Mar 2023

Rumuskan RAD TPB/SDGs, Idris: Perlu Sinergi Kebijakan antar Provinsi dan Kabupatenq

 

Mamuju. -- Pemprov Sulawesi Barat melaksanakan Rapat Penyusunan Dokumen Rencana Aksi Daerah Tujuan Pembangunan Berkelanjutan / Sustainable Development Goals (RAD TPB/SDGs) Sulbar Tahun 2013-2026, Senin 27 Maret 2023. 

 

Sekprov Sulbar Muhammad Idris menjelaskan, rapat tersebut sebagai tindak lanjut Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 111 Tahun 1022. Perpres tersebut merupakan wujud konkret dari pemerintah pusat dalam agenda global tahun 2023

 

Pasal 5 ayat (1) dalam Perpres tersebut  bahwa gubernur sebagai wakil pemerintah pusat menyusun dan menetapkan RAD TPB/SDGS dengan bupati/wakil bupati di wilayahnya masing-masing.

 

"Tujuan RAD TPB/SDGs adalah pembangunan yang menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi, keberlanjutan kehidupan sosial, kualitas lingkungan hidup, dan menjamin keadilan serta terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari  satu generasi ke generasi berikutnya." terang Idris melalui sambutannya.

 

Lanjut Idris, upaya pencapaian target TPB/SDGS  memerlukan sinergi kebijakan perencanaan di tingkat nasional dan di provinsi maupun kabupaten/kota. 

 

"Diperlukan sinergi kebijkaan perencanaan baik ditingkat nasional, provinsi dan kabupaten," ungkapnya. 

 

Untuk di tingkat provinsi,  target TPB/SDGS perlu diseleraskan dengan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Tahun 2023-2026 yang terwujud dalam bentuk program, indikator, dan target yang terukur serta indikasi pembiayaannya. 

 

Idris menguraikan beberapa target dalam isu TPB/SDGs, pertama pengentasan kemiskinan menargetkan 6,0 -7,0 persen  sampai tahun 2030. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah perbaikan basis data penerima manfaat. 

 

Selain itu, RAD TPB/SDGs dijabarkan kedalam 17 goals dengan pedoman pada 4 pilar pembangunan yaitu (Sosial, Ekonomi, Lingkungan Dan Hukum Dan Tata Kelola). 

 

"Untuk itu diperlukan komitmen pemerintah dalam mewujudkan dan menempatkan upaya pencapaian sebagai agenda prioritas dan diharapkan dukungan akselirasi yang akan dituangkan dalam rencana pembangunan daerah," tutup Idris. (rls)

Read 247 times
(0 votes)