31 Jan 2024

BPSDMD Sulbar Sukses Tutup Pekan Januari 2024 dengan Webinar E-Katalog dalam Pengadaan Barjas

 

MAMUJU - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Sulawesi Barat (Sulbar) baru saja menyelesaikan kegiatan Webinar ASN Kreatif Seri-35 dengan sukses, Rabu 31 Januari 2024.

 

Acara ini diselenggarakan dengan tema utama "Optimalisasi Penggunaan E-Katalog dalam Pengadaan Barang dan Jasa" dengan Narasumber Yulianto Prihhandoyo, Direktur Pasar Digital Pengadaan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Sekretaris Daerah Provinsi Sulbar, Muhammad Idris, juga hadir sebagai Keynote Speaker.

 

Kegiatan webinar yang dihelat pada 31 Januari 2024 ini mendapat sambutan luar biasa dari peserta di berbagai daerah seluruh Indonesia. 

 

Peserta yang berpartisipasi dalam acara ini mencapai 705 orang melalui platform Zoom, sementara 88 peserta lainnya mengikuti melalui kanal YouTube. 

 

Tema utama acara menjadi sorotan utama peserta yang hadir. Para peserta terlihat sangat antusias dengan tema ini, banyak diantaranya yang mengajukan pertanyaan menarik serta menunjukkan ketertarikan mendalam terhadap perbincangan yang berlangsung.

 

"E-Katalog ini bisa disebut sebagai embrio dalam proses pengadaan barang dan jasa secara digital. Kita mulai ingin menggeser yang tadinya belum digital menjadi digital. Misalnya, proses tender/lelang jaman dahulu masih konvensional, penawaran masih diprint tebal, maka 2010 sudah mulai secara elektronik. Yang tadinya penawaran diprint tebal, kalau secara elektronik hanya discan dan upload. Digital yang saya maksud ini lebih advance lagi yaitu data atau informasi penawaran tadi update ada di sistem. Pembedanya adalah kita jadi mudah mengambil data informasi", demikian penjelasan Yulianto saat membuka sesi Webinar ini. 

 

Selain memberikan pengetahuan yang bernilai, Webinar ini juga diharapkan dapat mendorong penerapan praktik terbaik di berbagai instansi pemerintah, terutama terkait dengan pengadaan barang dan jasa.

 

Kepala BPSDMD Sulbar, Farid Wajdi menyampaikan apresiasinya terhadap partisipasi aktif dan antusiasme peserta dalam memperkaya diskusi mengenai E-Katalog. 

 

"Kegiatan ini bukan hanya sebagai sarana peningkatan pengetahuan ASN, namun juga menjadi wadah interaktif bagi ASN untuk bertukar pengalaman. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sulbar yang sudah memfasilitasi kami untuk menghadirkan narasumber dari LKPP," ungkap Farid Wajdi.

 

BPSDMD Sulbar berkomitmen untuk terus menyelenggarakan Webinar dengan tema-tema menarik lainnya.

 

"Ini untuk mendukung pengembangan kapasitas dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Sulbar," tandasnya. (rls)

Read 119 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments