01 Mei 2024

Pj Gubernur Sulbar, Prof Zudan Serahkan Bantuan Sepeda untuk Atlet Berlaga di PON 2024

 

Mamuju -- Atlet balap sepeda Sulawesi Barat, Muhammad Yahya Usman, menerima bantuan sepeda dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat melalui Dinas kepemudaan dan Olahraga 

 

Sepeda balap ini diserahkan langsung oleh Pj Gubernur Sulawesi Barat, Prof Zudan Arif Fakrulloh didampingi Sekretaris Daerah Muhammad Idris dan Kepala Dispora Sulbar Safaruddin Sanusi DM, Senin (29/4/24) malam.

 

Sekedar diketahui, Muhammad Yahya Usman merupakan atlet balap sepeda putra yang menyumbangkan medali perak bagi Sulbar di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) 2023 lalu.

 

Di Popnas 2023 itu juga, Muhammad Yahya Usman nyaris meraih medali emas kategori IRR 45 Kilometer atau sebanyak 22 lap.

 

Sayangnya, pada lap terakhir, tepat di tikungan sekira 150 meter dari garis finish sebelum sprint, sepeda Muhammad Yahya Usman tergelincir dan akhirnya terjatuh.

 

Dari insiden itu, Muhammad Yahya Usman mengalami luka di bagian tangan sebelah kanan, paha dan betisnya, dan terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit.

 

Sepeda balap milik Yahya Usman pun mengalami kerusakan. Pengangan atau stir kanan rusak dan rem belakang patah.

 

Selain Muhammad Yahya Usman, bantuan sepeda juga diberikan kepada atlet balap sepeda putri, Sri Mulyani Samad oleh Sekretaris Daerah Sulbar, Muhammad Idris yang juga Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Sulbar.

 

Muhammad Yahya Usman dan Sri Mulyani Samad juga merupakan pewakilan Sulbar untuk event Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan berlangsung di Aceh-Sumatera Utara 2024.

 

Kepala Dispora Sulawesi Barat, Safaruddin Sanusi DM mengatakan, sepeda balap yang diserahkan kepada Yahya Usman merupakan jawaban atas janji Pemprov Sulbar melalui Diapora sejak tahun 2023 lalu.

 

"Jadi inilah jawaban atas janji Pemprov Sulbar untuk Muhammad Yahya Usman. Karena saat di Popnas, sepedanya rusak parah karena jatuh. Apalagi memang sepeda yang digunakan masih di bawah standar atlet lainnya. Dan bantuan ini sesuai dengan petunjuk dan arahan dari bapak Pj Gubernur bersama bapak Sekda yang juga Ketua ISSI Sulbar," jelas Safaruddin.

 

Menurutnya, cabang olahraga (Cabor) balap sepeda menjadi salah satu andalan Sulawesi Barat menuju PON 2024 di Aceh-Sumut.

 

"Insya Allah pada PON nanti kita berdoa atlet balap sepeda kita kembali menyumbangkan medali untuk Sulawesi Barat.

 

Penjabat Gubernur Sulawesi Barat, Prof Zudan Arif Fakrulloh saat menyerahkan bantuan sepeda tersebut juga berharap agar Muhammad Yahya Usman bersama atlet balap sepeda lainnya dapat berlatih secara maksimal.

 

"Dan kita berdoa sekaligus berharap pada PON 2024 di Aceh-Sumut, Sulbar kembali menunjukkan performa terbaik dan meraih medali," harap Zudan. 

 

Penulis : Dispora

Editor : humassulbar

Read 97 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments