10 Sep 2024

BPBD Sulbar Terima Kunjungan DP3AP2KB, Satgas PPA dan Dinas Sosial, Koordinasi Dukungan Psikososial bagi Anak Penyandang Disabilitas di Kawasan Kebencanaan

 

Mamuju--Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menerima kunjungan dari perwakilan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Satuan Tugas Perlindungan Perempuan dan Anak (Satgas PPA) serta Dinas Sosial, Selasa 10 September 2024. 

 

Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan koordinasi mengenai dukungan psikososial bagi anak penyandang disabilitas di kawasan kebencanaan.

 

Adapun delegasi yang berkunjung terdiri dari:

1. Rachmi, Kasi Perlindungan Khusus Anak dari DP3AP2KB.

2. Yurlin Tamba, dari Satgas PPA.

3. Muh. Reza, Pekerja Sosial (Peksos) dari Dinas Sosial.

 

Kunjungan tersebut diterima oleh Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sulbar, Arnidah. Dalam pertemuan di Kantor BPBD Sulbar, membahas strategi dan langkah-langkah konkret untuk memberikan dukungan psikososial yang efektif bagi anak-anak penyandang disabilitas yang berada di kawasan rawan bencana.

 

"Koordinasi ini sangat penting untuk memastikan bahwa anak-anak penyandang disabilitas di daerah rawan bencana mendapatkan perhatian dan dukungan yang mereka butuhkan," ujar Arnidah.

 

Di tempat terpisah, Plt. Kepala Pelaksana BPBD Sulbar Muhammad Yasir Fattah mengatakan, pertemuan itu merupakan langkah awal dalam upaya kolaboratif untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan respons terhadap kebutuhan khusus anak-anak penyandang disabilitas dalam situasi bencana. 

 

"Kami akan menindaklanjuti hasil koordinasi ini dengan langkah-langkah konkret, termasuk penyusunan protokol khusus dan pelatihan bagi petugas lapangan. Semua ini bertujuan untuk memastikan bahwa tidak ada satu anak pun yang tertinggal dalam upaya penanggulangan bencana di Sulbar," kata Yasir Fattah.

 

Yasir Fattah menekankan pentingnya pelibatan aktif komunitas dan keluarga dalam upaya memberikan dukungan psikososial bagi anak-anak penyandang disabilitas di kawasan rawan bencana.

 

BPBD Sulbar berkomitmen untuk terus bekerjasama dengan berbagai pihak demi mewujudkan perlindungan yang optimal bagi seluruh masyarakat, termasuk kelompok rentan, dalam menghadapi potensi bencana.

 

Penulis : BPBD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 71 times
(0 votes)