10 Sep 2024

Sambut HUT Sulbar ke-20 Tahun, Biro Hukum Kolaborasi BPDAS Karama Tanam Mangrove di Desa Sumare

 

Mamuju—Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Barat (Setda Sulbar) berkolaborasi dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Karama dalam kegiatan “Sulbar Sepekan Menanam Mangrove” yang dilakukan di Desa Sumare, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Senin 9 September 2024.

 

Kegiatan ini dihadiri langsung Plt. Kepala Biro Hukum Setda Sulbar Nuryani bersama jajarannya dan Kepala Subbagian Tata Usaha BPDAS Karama Marthen Albert Gerungan bersama anggotanya.

 

Kegiatan “Sulbar Sepekan Menanam Mangrove” merupakan salah satu item yang dilaksanakan Pemprov Sulbar dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Sulbar yang ke-20 Tahun. Kegiatan yang digagas oleh Pj. Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin ini dilaksanakan mulai 2 hingga 9 September 2024.

 

Plt. Kepala Biro Hukum Setda Sulbar, Nuryani sangat berterima kasih kepada BPDAS Karama atas bantuannya dalam hal pengadaan 2.000 bibit mangrove, sekaligus penanaman bersama untuk keberlangsungan lingkungan hidup yang baik. 

 

“Semoga dengan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” harap Nuryani.

 

Nuryani juga berharap, Biro Hukum dan BPDAS Karama tetap saling kolaborasi dan bersinergi untuk melakukan perbaikan-perbaikan lingkungan, baik dengan menanam maupun membentuk regulasi terkait ekosistem hijau.

 

Sementara, Kepala Subbagian Tata Usaha BPDAS Karama, Marthen Albert Gerungan, menekankan menanam mangrove perlu dilakukan untuk menjaga kelangsungan ekosistem biota laut. Ia pun menjelaskan, hutan mangrove dapat mengurangi abrasi di pantai yang disebabkan gelombang air laut, dapat mencegah limbah yang berasal dari darat berupa limbah logam beracun dan sampah-sampah sehingga bisa dijadikan rumah bagi biota-biota laut dan masyarakat pun dapat melakukan mata pencaharian di hutan mangrove sehingga bisa meningkatkan perekonomian.

 

“Yang tidak kalah penting adalah hutan mangrove dapat memproduksi oksigen yang baik untuk lingkungan kita semua,” ujar Marthen.

 

Penulis : Biro Hukum Setda Sulbar

Editor : humassulbar

Read 99 times
(0 votes)