05 Sep 2024

Biro Pengadaan Barang dan Jasa Gelar Rakor Pemenuhan Bukti Dukung MCP KPK

 

Mamuju--Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pemenuhan Bukti Dukung Monitoring Center for Prevention (MCP) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulbar di Ruang Rapat Rumah Jabatan Sekprov Sulbar, Selasa, 3 September 2024.

 

Rakor dipimpin langsung oleh Sekprov Sulbar Muhammad Idris, dan juga dihadiri Kepala Perangkat Daerah terkait lainnya. Pertemuan ini bertujuan untuk mengevaluasi progres pemenuhan bukti dukung dari instrumen MCP KPK. Fokus utama pembahasan dalam rapat kali ini adalah area pengadaan barang dan jasa, mengingat sektor ini merupakan salah satu area yang rentan terhadap praktik korupsi.

 

Dalam rakor tersebut, dilakukan peninjauan terhadap titik-titik rawan korupsi yang telah teridentifikasi sebelumnya. Para peserta rapat bersama-sama mengidentifikasi capaian-capaian yang telah terpenuhi, yang sedang dalam proses, serta yang masih memerlukan perhatian lebih lanjut. Peninjauan ini dilakukan dengan tujuan untuk memastikan bahwa area yang belum berproses dapat segera ditindaklajuti oleh perangkat daerah terkait.

 

Plt. Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Sulbar, M. Yamin Saleh menekankan pentingnya langkah tersebut untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas. 

 

"Kami berkomitmen untuk terus memperbaiki proses pengadaan barang dan jasa di Sulbar, dengan memastikan bahwa setiap potensi kerawanan korupsi dapat diidentifikasi dan ditangani dengan baik,” kata Yamin Saleh, Rabu 4 September 2024.

 

Yamin Saleh menegaskan, hal itu bukan hanya tentang memenuhi target nasional, tetapi juga tentang menjaga kepercayaan publik terhadap pemerintahan yang bersih dan efektif.

 

Hasil peninjauan yang dilakukan menunjukkan adanya beberapa aspek yang masih memerlukan upaya lebih untuk memenuhi standar MCP KPK. Namun, secara keseluruhan, sebagian besar indikator telah terpenuhi, menandakan kemajuan yang signifikan dalam upaya pencegahan korupsi di Lingkup Pemprov Sulbar.

 

Penulis : Biro PBJ Setda Sulbar

Editor : humassulbar

Read 89 times
(0 votes)