05 Sep 2024

Sukseskan Program Sulbar Sepekan Menanam Mangrove, Dinas Transmigrasi Tanam 10 Ribu Mangrove

 

Mamuju--Dinas Transmigrasi Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan penanaman mangrove sebanyak 10 ribu batang dalam rangka ikut serta menyukseskan Program "Sulbar Sepekan Menanam Mangrove" untuk memperingati Hari Jadi Sulbar yang ke-20 tahun. Kegiatan ini dilaksanakan di Wisata Mangrove Kelurahan Bebanga, Kabupaten Mamuju, Rabu, 04 September 2024. 

 

Kegiatan ini dihadiri langsung Kepala Dinas Transmigrasi Sulbar, Ibrahim bersama Sekretaris Muh. Nasir, Kepala Bidang Perencanaan Mursalin, Kepala Bidang Pembangunan Darmawati Jusuf, Kepala Bidang Pengembangan Ruslan Jabbar, serta para staf Dinas Transmigrasi Sulbar.

 

Hal tersebut dilaksanakan sesuai surat ederan Gubernur Sulawesi Barat Nomor 23 Tahun 2024 tentang kegiatan "Sulbar Sepekan Menanam Mangrove" dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-20 Sulbar Tahun 2024, yang dilakukan secara sukarela dan gotong royong di mulai tanggal 2 sampai 9 September 2024.

 

Program "Sulbar Sepekan Menanam Mangrove" yang diinisiasi oleh Pj. Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin, bertujuan untuk menghijaukan lingkungan dan mendukung pelestarian alam.

 

Adapun kebutuhan alat yang diperlukan di lapangan, diantaranya Bibit Mangrove (Propagul) sebanyak 10 ribu batang, Ajir (terbuat dari bambu dengan panjang 100 Cm, lebar 1 Cm ) sebanyak 10 ribu batang, Tali Rapia (untuk mengikat mangrove) dan Baliho Kegiatan.

 

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Transmigrasi Sulbar, Ibrahim menyampaikan penanaman mangrove dilakukan secara antusias, bertujuan untuk melindungi pesisir pantai dari abrasi dan memperluas lagi habitat hutan mangrove yang ada di Sulbar. 

 

"Pesisir pantai kita sangat luas dikisarkan sekitar 677 Kilometer," kata Ibrahim.

 

Ibrahim juga mengatakan, pada peringatan Hari Jadi yang ke-20 Sulbar tahun ini, akan membawa pesan tersendiri. Ia pun berharap kedepannya kegiatan penanaman mangrove dapat ditingkatkan lagi.

 

Penulis : Dinas Transmigrasi Sulbar

Editor : humassulbar

Read 137 times
(0 votes)