03 Sep 2024

Berhasil Capai Target NPAFP dan Discarded Rate Tahun 2023, Pemprov Sulbar Dapat Penghargaan dari Kemenkes RI

 

Mamuju - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Pemprov Sulbar) melalui Dinas Kesehatan dengan bangga menerima penghargaan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) atas pencapaian luar biasa dalam Program Surveilans pada tahun 2023. 

 

Sertifikat Penghargaan diberikan dalam Pertemuan Nasional Surveilans PD3I yang berlangsung di The Margo Hotel Depok, Jl. Margonda No. 358, Kemiri Muka, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat, pada Selasa-Jumat (27-30 Agustus 2024). 

 

Pemberian penghargaan sebagai apresiasi atas keberhasilan Sulbar dalam mencapai target Non-Polio Acute Flaccid Paralysis (NPAFP) Rate lebih dari 2 per 100.000 penduduk berusia di bawah 15 tahun, serta Discarded (bukan campak, bukan rubella) Rate lebih dari 2 per 100.000 penduduk.

 

Capaian ini menunjukkan komitmen tinggi dari Pemprov Sulbar dan seluruh tenaga kesehatan di Sulbar dalam menjaga kesehatan masyarakat, khususnya dalam upaya pencegahan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi yakni penemuan kasus AFP (lumpuh layuh akut) untuk mencegah terjadinya Polio dan kasus Campak Rubella diwilayah Sulbar. Dan tentu saja bila tidak dicegah sejak dini akan menyebabkan kecacatan bahkan kematian.

 

Kepala Dinas Kesehatan Sulbar, drg. Asran Masdy, menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas kerja keras semua pihak yang terlibat dalam program ini. 

 

"Pencapaian ini adalah hasil kerja bersama antara pemerintah, tenaga kesehatan, dan masyarakat. Kami akan terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan agar masyarakat Sulbar dapat hidup sehat dan terhindar dari penyakit yang dapat dicegah," kata Asran Masdy, Senin 2 September 2024.

 

Program Surveilans Dinas Kesehatan Sulbar telah menunjukkan efektivitasnya dalam mendeteksi dan menangani kasus-kasus NPAFP serta memastikan kasus-kasus yang dicurigai sebagai campak atau rubella dapat didiskualifikasi dengan tepat.

 

Dengan penghargaan ini, diharapkan Sulbar dapat terus menjadi contoh bagi provinsi lain dalam upaya mencapai target kesehatan nasional, serta meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam program imunisasi dan kesehatan lainnya.

 

Sertifikat Penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi Sulbar untuk terus memperkuat sistem kesehatan, khususnya dalam bidang surveilans dan pengendalian penyakit, guna memastikan kesehatan dan kesejahteraan seluruh masyarakat di wilayah ini.

 

Penulis : Dinkes Sulbar

Editor : humassulbar

Read 63 times
(0 votes)