02 Sep 2024

UPTD BPHMT IB Sulbar Dapat Bantuan 10 Ekor Kambing PE dari Kementan RI melalui BPTU dan HMT Pelaihari Kalsel

 

 

Mamuju - Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melalui UPTD BPHMT IB Sulbar di Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sulbar, mendapatkan bantuan berupa 10 ekor Kambing Peranakan Etawa (PE) dari Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) melalui BPTU dan HMT Pelaihari Kalimantan Selatan (Kalsel), Minggu, (01/09/2024).

 

Bantuan ini diserahkan perwakilan dari BPTU dan HMT Pelaihari Kalsel Daniel G. kepada Kepala UPTD BPHMT IB Sulbar Nurdin beserta staf. Bantuan ini merupakan bagian dari program peningkatan populasi bibit ternak unggul.

 

Bantuan Kambing PE ini terdiri dari 9 ekor betina dan 1 ekor jantan. Kambing-kambing tersebut diberangkatkan dari Pelaihari Kalsel pada hari Selasa menuju Instalasi Karantina Hewan di Batulicin untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh selama dua hari. Pemeriksaan ini bertujuan untuk memastikan bahwa kambing-kambing tersebut bebas dari penyakit dan layak untuk dikembangbiakkan di daerah tujuan. 

 

Setelah memenuhi semua prosedur kesehatan, kambing-kambing ini kemudian diangkut menggunakan kapal laut menuju Pelabuhan Barru, dan dilanjutkan dengan pengangkutan menggunakan pickup ke Mamuju. Selama perjalanan, kambing-kambing ini dipantau secara intensif oleh perawat ternak dan pengawas bibit ternak dari BPTU dan HMT Pelaihari untuk memastikan ternak tiba dengan selamat dan dalam kondisi sehat.

 

Kepala UPTD BPHMT dan IB Sulbar, Nurdin menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada semua pihak yang terlibat dalam pemberian bantuan ini.

 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan serta BPTU dan HMT Pelaihari atas bantuan ternak kambing ini. Kami berharap bantuan ini dapat berkembang dan menjadi salah satu peningkat pendapatan asli daerah,” kata Nurdin.

 

Nurdin menyatakan, pihaknya berkomitmen untuk menjaga dan merawat ternak tersebut dengan baik agar dapat memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat. 

 

Sementara itu, Kepala Dinas TPHP Sulbar, Syamsul Ma’rif sangat mengapresiasi terhadap bantuan Kambing PE yang diberikan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan RI melalui BPTU dan HMT Pelaihari Kalsel.

 

Syamsul Ma’rif mengatakan, bantuan itu diharapkan tidak hanya meningkatkan jumlah populasi kambing unggul di wilayah Mamuju, Sulbar, tetapi juga menjadi langkah awal dalam mengembangkan industri peternakan lokal yang lebih produktif dan berkelanjutan.

 

Syamsul Ma’rif menambahkan, Kambing PE tersebut akan digunakan sebagai bibit. Bibit merupakan salah satu faktor yang menentukan dan mempunyai nilai strategis dalam upaya pengembangan ternak ruminansia, diantaranya Kambing PE. Hal tersebut terkait dengan peningkatan populasi dan produktivitas ternak ruminansia.

 

Penulis : Dinas TPHP Sulbar

Editor : humassulbar

Read 358 times
(0 votes)