26 Agu 2024

Pemprov Sulbar Sambut Baik Kegiatan Penelitian oleh Dosen Program Studi Peternakan Unsulbar di Pasangkayu dan Mateng

 

 

Mamuju – Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Pemprov Sulbar) melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (TPHP) menyambut baik adanya kegiatan penelitian yang dilakukan oleh Dosen Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan dan Perikanan  Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar). 

 

Penelitian ini merupakan tindak lanjut atas perjanjian kerja sama antara Dinas TPHP Sulbar dengan Unsulbar tentang kerja sama Tridharma dan implementasi merdeka belajar kampus merdeka.

 

Adapun ruang lingkup perjanjian kerja sama tersebut meliputi penelitian dosen dan mahasiswa, dosen dan laporan berkegiatan Tri Dharma di luar kampus, pengabdian kepada masyarakat dan bidang lain yang disepakati guna meningkatkan kemampuan segenap potensi dan sumber daya yang ada secara optimal, guna menunjang pembangunan pendidikan yang berkelanjutan. 

 

Bertempat di Kabupaten Pasangkayu dan Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) , drh. Deka Uli Fahrodi beserta tim  didampingi dinas yang membidangi Peternakan dan Kesehatan Hewan kabupaten melakukan pengambilan sampel darah Sapi Bali yang telah divaksinasi Jembrana untuk mengetahui respon imun Sapi Bali pasca vaksinasi Jembrana di Sulbar, dimana Pasangkayu merupakan kabupaten pertama yang terjadi kasus penyakit Jembrana di Sulbar pada Juni 2022 lalu. Pengambilan sampel untuk penelitian tersebut dilakukan sejak Rabu (21/08/2024) hingga Jumat (23/08/2024).

 

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas TPHP Sulbar, Nur Kadar mengatakan, penelitian yang dilakukan oleh drh. Deka dan tim tersebut diharapkan dapat membuka jalan bagi akademisi yang lain untuk dapat melakukan penelitian maupun pengabdian masyarakat di Sulbar.

 

"Sehingga dapat memberikan manfaat yang baik terutama dalam pengendalian penyakit hewan di Sulbar," ujarnya. 

 

Sementara itu, Kepala Dinas TPHP Sulbar, Syamsul Ma’rif menyambut baik dan sangat mendukung penelitian yang digagas oleh tim akademisi dari Unsulbar tersebut. 

 

"Dengan adanya penelitian Dosen Unsulbar tersebut, diharapkan dapat memberikan tambahan literasi yang berdasarkan data sehingga diharapkan dapat membantu Pemprov Sulbar dalam mengendalikan penyakit hewan," kata Syamsul Ma’rif.

 

Penulis : Dinas TPHP Sulbar

Editor : humassulbar

Read 112 times
(0 votes)