16 Agu 2024

Tingkatkan Nilai IP ASN Pemprov Sulbar, BKD Jemput Bola ke OPD

 

Mamuju—Dalam rangka meningkatkan nilai Indeks Profesionalitas Aparatur Sipil Negara (IP ASN) Lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Pemprov Sulbar), Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulbar melalui Bidang Pengembangan ASN melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) terkait Indeks IP ASN di semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

 

Pelaksanaan monev di mulai Kamis, 15 Agustus 2024. Pada hari pertama ini BKD Sulbar dalam hal ini Tim Kerja IP ASN mengunjungi sejumlah OPD yaitu :

1. Satpol PP

2. BPBD

3. Dinas Pemdes

4. Badan Kesbangpol

5. Dinas Transmigrasi

6. Biro Ortala 

 

Kabid Pengembangan ASN BKD Sulbar, Rini Lukita Sari mengatakan, selama beberapa hari kedepan TIM Kerja IP ASN dari BKD akan melakukan monev ini di semua OPD Lingkup Pemprov Sulbar.

 

“Monev ini bertujuan memberikan pemahaman kepada seluruh ASN terkait penginputan data kompetensi yang dapat meningkatkan nilai IP ASN Lingkup Pemprov Sulbar,” kata Rini.

 

Kepala BKD Sulbar, Bujaeramy Hassan menekankan untuk memaksimalkan penginputan data kompetensi berupa diklat yang dilaksanakan di tahun 2023 untuk penilaian IP ASN 2024.

 

Diketahui, nilai IP ASN Lingkup Pemprov Sulbar Pertanggal 13 Agustus 2024 adalah 78,64 berada pada ketegori sedang.

 

 

Sementara itu, Sekban Kesbangpol Sulbar, Yusuf Tahir mengatakan, pelaksanaan pengukuran IP ASN yang dilaksanakan oleh BKD Sulbar berdasarkan hasil monev yang dilaksanakan oleh BKD Sulbar sangat diapresiasi oleh ASN lingkup Badan Kesbangpol, meskipun sebagian ASN masih berada pada poin rendah. 

 

"Ini bukan karena ketidakmampuan memenuhi 4 indikator penilaian, namun lebih disebabkan karena kurangnya pemahaman bagi para ASN dalam memberi informasi terkait 4 indikator tersebut, khususnya pada indikator pengembangan kompetensi," kata Yusuf Tahir. 

 

"Sangat banyak kegiatan yang telah dilaksanakan oleh teman-teman sesuai Tusi, namun epidem pendukung tidak diinput dalam aplikasi my ASN masing-masing, sehingga pasca monev ini kami optimis ASN Badan Kesbangpol Sulbar akan mendapatkan nilai terbaik dari sebelumnya," sambungnya. 

 

Perwakilan dari Dinas Transmigrasi Sulbar, M. Nasir menyampaikan, dengan adanya monev terkait IP ASN tersebut, yang awalnya ketidaktahuan dalam penilaian menjadi lebih paham terkait indikator-indikator penilaian IP ASN.

 

"Kegiatan ini sangat positif bagi kami ASN khususnya di Dinas Transmigrasi, sehingga kami dapat mengambil langkah-langkah yang dapat kami tempuh untuk meningkatkan nilai indikator IP ASN," ucapnya. 

 

Penulis : BKD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 129 times
(0 votes)