14 Agu 2024

Peresmian Listrik Desa di Banua Adolang Majene, Energisasi 34 Lokasi di Sulbar Tahun 2024

 

Majene--Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (Kadis ESDM) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Mohammad Ali Chandra, mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Sulbar, Bahtiar Baharuddin, menghadiri acara Peresmian Listrik Desa di Sulbar tepatnya di Desa Banua Adolang, Kecamatan Pamboang, Kabupaten Majene, Selasa 13 Agustus 2024.

 

Peresmian Listrik Desa ini menandai energisasi 34 lokasi baru di Sulbar pada tahun 2024.

 

Dalam sambutannya, Kadis ESDM Sulbar, Mohammad Ali Chandra mengucapkan terima kasih kepada PT. PLN (Persero) atas dedikasinya dalam melaksanakan Program Pembangunan Listrik Desa. 

 

"Program ini merupakan upaya nyata dari pemerintah untuk mengembangkan akses listrik di daerah-daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar) di Indonesia. Hari ini, kita semua berkumpul untuk merayakan peresmian 34 lokasi yang telah dienergize oleh PT. PLN pada tahun 2024 di Sulbar," ujar Chandra.

 

Melalui pembangunan jaringan listrik ini, PT. PLN telah memberikan akses listrik yang lebih luas bagi seluruh masyarakat Sulbar, termasuk hingga ke pelosok desa dan dusun. 

 

"Langkah ini mencerminkan transformasi PLN dalam mengejar target rasio elektrifikasi dan rasio desa berlistrik di sulbar," ucapnya.

 

Melalui kesempatan itu, Chandra menegaskan bahwa pemerintah provinsi, melalui Dinas ESDM akan terus berkoordinasi dengan PT. PLN dan melaksanakan sejumlah program untuk mencapai target elektrifikasi 100 persen pada tahun 2025. 

 

"Sejalan dengan pencapaian rasio elektrifikasi tahun 2024 yang telah mendekati 100 persen dan rasio desa berlistrik sebesar 97,07 persen dari total 648 desa/kelurahan, masih tersisa 19 desa yang belum mendapatkan listrik dari PLN. Oleh karena itu, kami terus melakukan upaya untuk menjangkau dan menyediakan layanan listrik kepada seluruh masyarakat," jelasnya.

 

Hadir dalam acara tersebut General Manager PT. PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar), Budiono, yang untuk pertama kalinya mengunjungi Sulbar. 

 

“Kehadiran Bapak Budiono merupakan suatu kehormatan bagi kami. Provinsi ini, meskipun telah memasuki usia 20 tahun, masih membutuhkan perhatian lebih dalam hal pembangunan dibandingkan dengan provinsi lain di Pulau Sulawesi. Perhatian Bapak menjadi harapan besar kami untuk mendorong kemajuan yang lebih pesat bagi Sulbar," tutur Chandra.

 

Peresmian ini mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat setempat. Akses listrik yang lebih baik tidak hanya meningkatkan kualitas hidup, tetapi juga membuka peluang yang lebih besar bagi masyarakat untuk berperan aktif dalam pembangunan dan kemajuan yang lebih luas.

 

Dalam acara itu, hadir pula Bupati Majene A. Ahmad Syukri Tammalele, Manager PT. PLN UP2K Sulawesi Barat, Ruli Rizaluddin, serta Manager PT. PLN UP3 Mamuju, Manihar Hutajulu, bersama jajarannya, Komandan Batalyon Zeni Konstruksi 12/KJ Letkol CZI I Made Bagus Asmara Putra Dandim 14/01 Majene, Kapolsek Pamboang Majene, Iptu Herman S. 

 

Hadir mendampingi Kadis ESDM Sulbar yakni Kepala Bidang Ketenagalistrikan Qamaruddin Kamil dan Pejabat Fungsional Inspektur Ketenagalistrikan Ahli Muda Farid Asyhadi dari Dinas ESDM Sulbar.

 

Penulis : Dinas ESDM Sulbar

Editor : humassulbar

Read 126 times
(1 Vote)