26 Jul 2024

Sekretaris Dinas Dukcapil Sulbar Ikuti Bimtek Angkatan III Peningkatan Kapasitas Aparatur Negara

 

JAKARTA--Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Sri Utari, mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Angkatan III Peningkatan Kapasitas Aparatur Negara, Penguatan Kelembagaan dan Penguatan Peran Sekretaris Dinas Dukcapil Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia di Belleza Hotel Suites, Jakarta Selatan. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dari tanggal 23 hingga 25 Juli 2024. 

 

Bimtek ini dibuka secara resmi oleh Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi. Kegiatan ini diikuti oleh para Sekretaris Dinas Dukcapil Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia. 

 

Dalam sambutannya, Dirjen Dukcapil, Teguh Setyabudi menyampaikan peran Strategis Administrasi Kependudukan. Ia menjelaskan, data kependudukan dan dokumen kependudukan yang merupakan output layanan Dukcapil merupakan pondasi dan berbagai kebijakan pemerintah dan layanan publik kepada masyarakat. 

 

"Data kependudukan yang akurat diantaranya mendukung pelayanan publik, perencanaan pembangunan, alokasi anggaran, pembangunan demokrasi, penegakan hukum dan pencegahan kriminal," terangnya. 

 

Lanjut Teguh menjelaskan, peran strategis Dinas Dukcapil adalah menyediakan data kependudukan yang akurat dan terkini, mengelola pencatatan peristiwa penting dan peristiwa kependudukan seperti kelahiran, kematian, pernikahan dan perceraian dll. 

 

Melalui kesempatan itu, Dirjen Dukcapil menyampaikan harapan kepada para Sekretaris Dinas Dukcapil Provinsi dan Kabupaten/Kota agar senantiasa mengutamakan tugas utama dan fungsi seorang sekretaris, diantaranya adalah koordinasi dan kolaborasi, peningkatan kompetensi pegawai dengan pelatihan dan pengembangan kompetensi di bidang administrasi, keuangan dan tekhnologi informasi. 

 

Bintek Angkatan III ini menghadirkan enam narasumber yang sangat berkompeten di bidang keahlian masing-masing. 

 

Sementara itu, Sekretaris Dinas Dukcapil Sulbar, Sri Utari mengungkapkan, bimtek tersebut baru pertama kali diselenggarakan, yang mana kegiatan itu juga adalah salah satu wadah bagi seluruh Sekretaris Dinas Dukcapil Provinsi dan Kabupaten/Kota akan berupaya mengoptimalkan serta mengimplementasikan peran serta fungsi sekretaris.

 

Penulis : Dinas Dukcapil Sulbar

Editor : humassulbar

Read 123 times
(0 votes)