17 Jul 2024

BPBD Sulbar Beri Pembelajaran Mitigasi Bencana di UPTD SMAN 2 Mamuju

 

Mamuju--Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) memberikan pembelajaran tentang mitigasi bencana kepada siswa-siswa di Unit Pelaksana Teknis Daerah Sekolah Menengah Atas Negeri (UPTD SMAN) 2 Mamuju. 

 

Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 15 hingga 17 Juli 2024, dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan kesiapsiagaan terhadap bencana alam di kalangan siswa.

 

Materi pembelajaran tentang mitigasi bencana disampaikan oleh perwakilan dari BPBD Sulbar, antara lain Penata Penanggulangan Bencana Ahli Muda Inaldy L.S Si`lang dan Penelaah Teknis Kebijakan Syahrang. Mereka menyampaikan informasi dan keterampilan yang penting dalam menghadapi dan merespons bencana alam, serta bagaimana melakukan langkah-langkah mitigasi untuk mengurangi risiko bencana.

 

Penata Penanggulangan Bencana Ahli Muda BPBD Sulbar, Inaldy L.S Si'lang menyatakan bahwa edukasi tentang mitigasi bencana sejak dini sangat penting, terutama bagi generasi muda sebagai agen perubahan di masa depan. 

 

Olehnya, Inaldy mengatakan, dengan pengetahuan yang diperoleh dari kegiatan itu diharapkan siswa dapat menjadi agen perubahan yang peduli terhadap lingkungan dan siap menghadapi potensi bencana dengan lebih baik.

 

"Kami berharap melalui pembelajaran ini, para siswa dapat memahami pentingnya mitigasi bencana dan menjadi lebih siap menghadapi ancaman bencana di sekitar mereka," ujar Inaldy.

 

Sementara, Penelaah Teknis Kebijakan BPBD Sulbar, Syahrang juga mengatakan, kegiatan pembelajaran mitigasi bencana tersebut merupakan salah satu upaya BPBD Sulbar dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesiapsiagaan bencana di kalangan masyarakat, khususnya generasi muda.

 

Di tempat terpisah, Plt. Kepala Pelaksana BPBD Sulbar, Muhammad Yasir Fattah, memberikan responsif terkait kegiatan tersebut, dengan menyatakan BPBD Sulbar akan selalu siap memberikan pembelajaran mitigasi bencana kepada para siswa-siswa di Sulbar. 

 

“Peningkatan pemahaman tentang langkah-langkah menghadapi bencana sangat penting untuk keselamatan mereka apabila terjadi bencana,” kata Yasir Fattah, Selasa 16 Juli 2024.

 

Menurut Yasir Fattah, Inaldy L.S Si`lang dan Syahrang dalam menyampaikan materi mitigasi bencana memberikan pengetahuan dan keterampilan yang esensial dalam merespons bencana alam serta langkah-langkah mitigasi yang dapat diimplementasikan untuk mengurangi risiko bencana".

 

“BPBD Sulbar berkomitmen untuk terus melakukan kegiatan-kegiatan edukasi dan sosialisasi terkait mitigasi bencana guna meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat, termasuk melalui kolaborasi dengan lembaga pendidikan seperti UPTD SMAN 2 Mamuju,” tutupnya.

 

Penulis : BPBD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 154 times
(1 Vote)