16 Jul 2024

Susun Ranperda Pengelolaan BMD, Panja DPRD Sulbar Kunjungi UPTD Perkebunan dan Pelabuhan Perikanan di Polman

 

Polman--Panitia Kerja (Panja) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Lahan Bangunan UPTD Dinas Perkebunan Polman di Jl Poros Basseang, Kabupaten Polman, Minggu 14 Juli 2024.

 

Selain di lokasi tersebut, Panja DPRD Sulbar juga kunker ke Pelabuhan Perikanan di Polman, tepatnya di Kelurahan Lantora, Kecamatan Polewali.

 

Kunker dalam rangka pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD). Tujuannya mendapatkan informasi penting untuk penyusunan ranperda tersebut.

 

Panja DPRD Sulbar yang hadir dalam kunker tersebut, yakni H. Syahrir Hamdani, H Muhammad Jayadi, H Hasan Bado, H. Arief Daeng Mattemmu, H. Risbah Berlian Bachri, H. Husain Haenur, dan H. Hasanuddin.

 

Di Kantor UPTD Perkebunan Polman, rombongan Panja DPRD Sulbar diterima langsung Kepala UPTD Dinas Perkebunan Polman, Rusdi dan Kepala Seksi Perbenihan Tanaman Perkebunan, Sabriani.

 

Dalam pertemuan itu, Panja DPRD Sulbar, Syahril Hamdani mengatakan, kunjungan tersebut ingin mencocokkan data dari aset provinsi dengan kondisi lapangan.

 

“Ternyata memang benar informasinya bahwa aset ini milik provinsi tetapi lokasinya itu masih milik pemda kabupaten. Inilah yang kita pikirkan karena pertimbangan jangka panjang,” kata Syahril Hamdani.

 

“Kehadiran kita melakukan kunjungan pengawasan dari provinsi mencari tau posisi sebenarnya barang aset, dimana letak masalahnya, apakah pemda kabupaten yang belum menyerahkan ke provinsi seperti dalam undang-undang ataukah provinsi tidak pernah minta. Nantinya ini semua yang harus kita bawa ke ruang rapat untuk memperjelas posisi barang tersebut, kita akan mengambil tindakan meminta kepada pemerintah daerah sesuai dengan perintah undang-undang untuk segera diserahkan keprovinsi, itulah kuncinya,” lanjut Syahrir Hamdani.

 

Syahrir Hamdani berharap status aset tersebut secepatnya bisa jelas agar provinsi segera mendorong penganggaran untuk merehabilitasi aset yang dimaksud.

 

Usai di UPTD Dinas Perkebunan Polman, rombongan Panja DPRD Sulbar lanjut mengunjungi Pelabuhan Perikanan Polman. Kunjungan ini diterima langsung oleh Kabid P2HP, I Melda Allolayuk.

 

Penulis : Humas DPRD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 165 times
(0 votes)