13 Jul 2024

Orientasi Rancangan Teknokratik RPJMD 2025 – 2029, Selaraskan Perencanaan Pembangunan Daerah di Wilayah Sulbar

 

Majene--Guna menyelaraskan perencanaan pembangunan daerah di wilayah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Sulbar mengadakan Orientasi Rancangan Teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2025 – 2029 di Hotel Villa Bogor Majene pada Jumat (12/7/2024).

 

Kegiatan dibuka oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Sulbar Muhtar, dan diikuti oleh seluruh perangkat daerah lingkup Sulbar serta Bappeda Kabupaten Se-Sulbar.

 

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Sulbar, Muhtar menekankan perencanaan merupakan hal urgent sehingga orientasi tersebut sangat penting.

 

“Perencanaan itu adalah hal yang sangat urgent, sebagaimana kita tahu bahwa kalau perencanaan yang bagus, maka 50 persen pekerjaan itu selesai, dan 50 persennya itu tinggal dilaksanakan,” kata Muhtar.

 

Orientasi ini juga menghadirkan Tenaga Ahli Perencanaan dari Universitas Hasanuddin, Agussalim sebagai narasumber.

 

Dalam paparannya, Agussalim mengatakan, Rancangan Teknokratik RPJMD sebagai dokumen rencana lima tahunan yang disusun dengan pendekatan teknokratik berdasarkan kajian ilmiah dan kerangka logis.

 

Agussalim pun berharap, Rancangan Teknokratik RPJMD Tahun 2025 – 2029 yang sudah disusun agar segera dikoordinasikan kepada Komisi Pemilihanan Umum Daerah (KPUD).

 

Diketahui, berdasarkan Surat Kementerian Dalam Negeri Nomor 000.8.2.2/4075/Bangda Tanggal 12 Juni 2024, Rancangan Teknokratik RPJMD Tahun 2025 – 2029 menjadi salah satu acuan dalam penyusunan visi, misi dan program prioritas calon kepala daerah yang akan mengikuti Pilkada 2024.

 

Sekaitan hal tersebut, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Bapperida Sulbar, Muh. Darwis Damir mengajak seluruh perangkat daerah menyelesaikan dokumen tersebut paling lambat 26 Juli 2024 sesuai Surat Edaran Kemendagri.

 

“Kita bekerja mulai hari ini 12 Juli sampai 24 Juli, supaya tim Bapperida bisa melakukan pendalaman dan sinkronisasi. Kemudian, kita targetkan pada tanggal 24 Juli membahas bersama untuk mendapat masukan terkait rancangan teknokratik yang sudah kita susun,” jelasnya.

 

Untuk itu, Darwis pun meminta seluruh perangkat daerah berkontribusi menyiapkan data kinerja perangkat daerah dan rumusan masalah, sesuai urusan penyelenggaraan pemerintahan daerah di unit kerja masing - masing.

 

Penulis : Bapperida Sulbar

Editor : humassulbar

Read 1629 times
(0 votes)