12 Jul 2024

Rencana Penyusunan Pergub Pemberian Beasiswa di Sulsel, BKD Sulbar Adakan FGD Bersama Pemprov Sulsel

 

Mamuju – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka rencana penyusunan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang Pemberian Beasiswa di Sulsel.

 

FGD dilaksanakan melalui virtual zoom meeting pada Jumat, 12 Juli 2024. Kegiatan ini dihadiri Kepala BKD Sulbar Bujaeramy Hassan, bersama Kepala Bidang Pengembangan ASN Rini Lukita Sari dan Pejabat Fungsional BKD Sulbar. Kegiatan ini juga dihadiri sejumlah Perangkat Daerah Lingkup Pemprov Sulbar, seperti Inspektorat Daerah, Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah, Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah, Dinas Kepemudaan dan Olahraga, serta Biro Hukum Sekretariat Daerah.

 

Turut hadir, perwakilan pejabat dari Pemprov Sulsel, yaitu Kepala BKD Sukarniaty Kondolele, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, Inspektur Daerah, Biro Kesejahteraan Rakyat, dan Plt. Kepala Biro Hukum.

 

Kepala BKD Sulbar, Bujaerami Hassan mengatakan, FGD itu bertujuan untuk membahas berbagai aspek terkait pemberian beasiswa, termasuk jenis beasiswa yang ditetapkan, persyaratan penerima beasiswa khusus untuk SD/MI dan SMP/MTS yang merupakan kewenangan Pemerintah Kabupaten/Kota, mekanisme permohonan beasiswa, komponen pembiayaan, penganggaran dan penyaluran, serta pelaporan monitoring dan evaluasi.

 

“Seperti diketahui bersama bahwa Sulbar telah mempunyai Pergub Beasiswa yang ditanda tangani oleh Pj. Gubernur Sulbar sebelumnya Bapak Prof. Zudan Arif Fakhrulloh, dimana pergub tersebut rencananya akan diadopsi oleh teman-teman yang ada di Sulsel,” kata Bujaerami.

 

“Untuk itu kegiatan ini dilakukan untuk kita berdiskusi dan memberikan informasi kepada teman-teman di Sulsel, antara lain tentang implementasi pergub, kendala teknis yang ditemui dan pengaturan keuangan saat pergub ini diterapkan,” lanjutnya. 

 

Pihaknya berharap melalui diskusi itu dapat merumuskan kebijakan yang adil dan tepat sasaran, serta mendukung peningkatan kualitas pendidikan di daerah.

 

Sementara, Kepala BKD Sulsel, Sukarniaty Kondolele menyampaikan, pihaknya sangat berterima kasih dengan diadakannya FGD itu, yang mana juga berencana akan membuat Pergub Beasiswa yang sama dengan Sulbar.

 

“Kami juga mengapresiasi inisiatif Pemprov Sulbar dalam membuat Pergub pemberian beasiswa ini,” kata Sukarniaty.

 

Sukarniaty juga mengatakan, kerja sama antar provinsi itu diharapkan dapat menghasilkan kebijakan yang saling mendukung dan memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat di kedua daerah. 

 

“Kami juga berharap dapat menerapkan praktik terbaik yang dibahas dalam FGD ini di Sulsel," ucapnya.

 

Penulis : BKD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 416 times
(0 votes)