12 Jul 2024

Peringatan Dini Cuaca dan Iklim Provinsi Sulbar Dasarian II Bulan Juli 2024

 

Mamuju-Berdasarkan surat Peringatan Dini Cuaca dan Iklim Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Periode Dasarian II Tanggal 10 Juli 2024 oleh BMKG Wilayah IV Makassar, Plt. Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Sulbar, Muhammad Yasir Fattah menyampaikan saat ini indeks ENSO berada pada kondisi Netral (+0.20), dan diprediksi kondisi Netral berpotensi menuju La Nina mulai periode Juli-Agustus-September (JAS) 2024. 

 

Sedangkan kondisi IOD berada pada status Netral, diprediksi IOD Netral akan berlangsung pada periode Juli hingga Desember 2024. Monsun Australia diprediksi terus aktif hingga Dasarian III Juli 2024 dengan intensitas sama dengan klimatologisnya.

 

Hingga Dasarian I Juli 2024 terdapat ZOM (Zona Musim) yang telah memasuki musim kemarau meliputi Kabupaten Majene bagian Selatan dan Polewali Mandar bagian Barat sedangkan sisanya masih berada pada musim hujan.

.

Prakiraan Cuaca 10 Harian :

a. Prakiraan Cuaca tanggal 11 Juli 2024 berpotensi hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Mamuju (Kalumpang, Bonehau, Sampaga, Tommo), Mamuju Tengah dan Pasangkayu.

b. Prakiraan Cuaca tanggal 12 Juli 2024 berpotensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Mamasa, Mamuju, Mamuju Tengah dan Pasangkayu (Dapurang, Duripoku, Sarudu).

c. Prakiraan Cuaca tanggal 13 Juli 2024 berpotensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Majene (Malunda, Ulumanda), Mamasa dan Mamuju (Kalumpang, Bonehau, Tommo).

d. Prakiraan Cuaca tanggal 16 Juli 2024 berpotensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Mamasa (Tabang, Pana, Nosu, Sumarorong, Sasena Padang, Tawalian, Mamasa) dan Kabupaten Mamuju (Kalumpang, Bonehau).

e. Prakiraan Cuaca tanggal 18 Juli 2024 berpotensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Polewali Mandar (Matangnga, Tapango) dan Mamasa (Pana, Nosu, Sumarorong, Sasena Padang, Tanduk Kalua).

f. Tidak ada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada tanggal 14, 15, 17, 19, dan 20 Juli 2024.

 

Menurut Yasir Fattah, peringatan dini cuaca dan iklim sangat penting untuk mengantisipasi potensi bencana alam yang dapat terjadi di wilayah Sulbar. Olehnya itu, Dia menegaskan perlunya perhatian seluruh lapisan masyarakat, terutama dalam menghadapi kondisi cuaca ekstrem yang bisa memengaruhi kehidupan sehari-hari.

 

BMKG Wilayah IV Makassar akan terus merilis informasi peringatan dini cuaca dan iklim untuk membantu pemerintah daerah dan masyarakat sulbar dalam mengantisipasi bencana. Yasir Fattah mengajak semua pihak untuk mengakses informasi melalui situs resmi BMKG secara teratur.

 

“Pusdalops BPBD Sulbar tetap melakukan pemantauan dan terus akan melakukan update data terkait kondisi cuaca dengan berkoordinasi dengan BMKG Wilyah IV," kata Yasir Fattah, Jumat 12 Juli 2024.

 

Penulis : BPBD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 328 times
(1 Vote)