11 Jul 2024

Tingkatkan Kualitas Pendidikan melalui Integrasi Data dan Kinerja Guru di Sulbar

 

Makassar--Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Pemerintah Daerah menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) untuk membahas integrasi data dan kinerja guru.

 

Bertempat di Hotel Claro Makassar, Rabu 10 Juli 2024, rakor ini bertujuan untuk mewujudkan data yang valid antara Data SIASN, Ekinerja, dan PMM, serta meningkatkan kinerja Kepala Sekolah dan Guru yang berfokus pada peningkatan kualitas peserta didik.

 

Kepala BKD Sulbar, Bujaeramy Hassan, menekankan pentingnya data yang akurat dalam mendukung sistem pengelolaan kepegawaian yang efektif. 

 

"Data yang valid menjadi kunci dalam membangun sistem yang lebih baik untuk mobilitas talenta Kepala Sekolah dan Guru ASN," pungkasnya.

 

Ia pun berharap agar para Admin Pengelola SIASN dan Ekinerja, seperti Akzan Ahmad dan Hasmawati Hasan, dapat mengikuti kegiatan itu dengan baik dan menerapkan informasi yang diperoleh untuk mewujudkan sistem yang lebih baik.

 

Sementara itu, Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi Kepegawaian, Mirwan, menargetkan agar disparitas data Kepala Sekolah dan Guru ASN dapat diselesaikan dalam pertemuan itu. 

 

"Melalui Coaching Clinic antara Pemerintah Daerah, Kemendikbudristek, dan BKN, diharapkan permasalahan disparitas data dan Jabatan Fungsional dapat teratasi," tuturnya.

 

PIC Admin SIASN, Akzan Ahmad, menyampaikan bahwa disparitas data Guru yang belum Fungsional akan ditangani melalui Coaching Clinic. Ia juga mengutip pernyataan Kemendikbudristek yang mendorong para guru yang belum S1/D4 untuk segera meningkatkan jenjang pendidikan agar dapat diangkat dalam Jabatan Fungsional sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 38 Tahun 2010 tentang Penyesuaian Jabatan Fungsional Guru.

 

Diharapkan rakor ini dapat menghasilkan data yang valid dan sistem yang lebih baik untuk mobilitas talenta Kepala Sekolah dan Guru ASN, serta meningkatkan kualitas kinerja Kepala Sekolah dan Guru yang berfokus pada peningkatan kualitas peserta didik.

 

Penulis : BKD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 327 times
(0 votes)