02 Jun 2024

Hasil Biji Kakao Sulbar Siap Diekspor ke Jepang

 

Polman--Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) secara aktif mendorong dan membina para pelaku usaha di sektor perkebunan kakao. Salah satu langkah nyata dalam upaya ini adalah pembinaan yang dilakukan kepada Kelompok Tani Mapilli Jaya di Kecamatan Mapilli, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), pada Kamis 30 Mei 2024.

 

Kegiatan pembinaan pelaku usaha perkebunan di wilayah tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam manajemen usaha perkebunan, serta penerapan praktik-praktik terbaik dalam budidaya dan pengelolaan kebun. 

 

Plt. Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan (PPHP) Disbun Sulbar, Agustina Palimbong menyampaikan, setelah melalui proses fermentasi, quality control yang ketat dalam proses hasil biji kakao yang dihasilkan telah memenuhi SNI dan standar global, siap untuk diekspor ke Jepang.

 

Herwin Hartawan, salah satu pelaku usaha yang terlibat dalam pembinaan, dengan bangga menyatakan bahwa proses pengolahan biji kakao fermentasi sudah tertelusur bahkan ada diawasi langsung oleh buyer Jepang. 

 

"Kami sangat gembira melihat hasil kerja keras kami diakui di tingkat internasional. Ini adalah bukti nyata bahwa dengan pembinaan, ketekunan dan dukungan yang tepat, kami mampu menghasilkan produk berkualitas yang diterima secara luas," kata Herwin.

 

Disampaikan, saat ini di ruang gudang terdapat kakao yang sudah sortasi siap diekspor ke Jepang, rencana pada pertengahan Juni tahun ini. 

 

Kadisbun Sulbar, Herdin Ismail menyambut baik prestasi itu dan menyatakan bahwa eksportasi ke Jepang adalah langkah yang signifikan dalam meningkatkan cita rasa spesialty produk kakao Sulbar secara global. 

 

"Keberhasilan para pelaku usaha di Kelompok Tani Mapilli Jaya adalah cermin dari komitmen pemerintah dalam memberikan dukungan yang maksimal bagi pengembangan sektor perkebunan di daerah ini," ujarnya.

 

Dengan demikian, diharapkan biji kakao Sulbar berkualitas dan sustainable hingga menembus pasar internasional. Hal ini juga menjadi motivasi bagi para pelaku usaha lainnya untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produk mereka guna bersaing di pasar global.

 

Penulis : Disbun Sulbar

Editor : humassulbar

Read 208 times
(0 votes)