31 Mei 2024

Bapperida Sulbar Dorong Peningkatan dan Pembinaan Inovasi melalui Rakor dan Bimtek

 

Mamuju--Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Sulawesi Barat (Sulbar) mendorong peningkatan dan pembinaan inovasi melalui kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembinaan Inovasi di Sulbar, yang diadakan di Multifunction Room, Grand Maleo Hotel & Convention Mamuju pada Selasa (28/5/2024).

 

Kegiatan dibuka oleh Sekprov Sulbar Muhammad Idris dan menghadirkan tiga narasumber, yaitu pertama Kepala Pusat Strategi Kebijakan Pengembangan SDM, Teknologi Informasi dan Pemerintahan Dalam Negeri Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kemendagri RI, Aferi Syamsidar Fudail. Kedua, Analis Kebijakan Ahli Pertama Pusat Penelitian dan Pengembangan Inovasi Daerah BSKDN Kemendagri RI, Aldo Harjunanto. Ketiga, Analis Kebijakan Ahli Muda Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan LAN Makassar, Anita.

 

Mewakili Kepala Bapperida Sulbar Junda Maulana menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan, Kepala Bidang Riset dan Inovasi Daerah Bapperida Sulbar Muh. Saleh menyebutkan tiga tujuan pelaksanaan kegiatan.

 

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan sinergi antarpemangku kepentingan dalam pembinaan inovasi daerah di Sulbar, memperkuat kapasitas sumber daya manusia dalam pengelolaan inovasi daerah, serta mendorong lahirnya inovasi daerah yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat,” kata Muh. Saleh.

 

Pada kesempatan itu, Sekprov Sulbar Muhammad Idris menekankan beberapa hal dalam mendorong pengembangan inovasi bagi pemerintah daerah, diantaranya perlunya penguatan sumber daya manusia, koordinasi dan kolaborasi lintas sektor, dan kepemimpinan yang dapat mendorong kemajuan inovasi.

 

“Adapun tantangan inovasi bagi pemerintah daerah, salah satunya budaya inovasi yang belum berjalan optimal,” ungkapnya.

 

Di tempat terpisah, Kepala Bapperida Sulbar Junda Maulana menyampaikan, Rakor dan Bimtek Pembinaan Inovasi itu sebagai upaya mendorong Sulbar untuk dapat berpartisipasi dalam Innovative Government Award (IGA) Tahun 2024.

 

Penulis : Bapperida Sulbar

Editor : humassulbar

Read 115 times
(0 votes)