28 Mei 2024

Dapat Kesempatan Lihat Pembibitan Pisang Cavendish di Bone, Kadis Perkim : Kita Wajib Coba dan Dorong Masyarakat Sulbar Budidayakan Pisang Itu

 

BONE--Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sulawesi Barat (Kadis Perkim Sulbar) Syaharuddin didampingi Sekretaris Dinas Perkim Sulbar Amrin, turut mengikuti kegiatan Orientasi Lapangan Pertanian Terintegrasi di Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu 25 Mei 2024.

 

Kegiatan tersebut merupakan agenda Pj. Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin, yang mengajak Sekprov Sulbar Muhammad Idris dan beberapa Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemprov Sulbar untuk melihat langsung Sentra Pembibitan Pisang Cavendish di Kampung Batu Kecamatan Mare, Kabupaten Bone, Sulsel. 

 

Pada kesempatan itu, rombongan Pemprov Sulbar juga melihat langsung pembibitan Pisang Cavendish dan Nanas Madu. Sebagai informasi, pada Lahan Perkebunan Pisang Cavendish di Kabupaten Bone, terdapat sekitar 200 hektar yang perkembangannya telah berbuah sejak April 2024.

 

Ditemui di Penangkaran Bibit Pisang Cavendish, Kadis Perkim Sulbar Syaharuddin mengatakan, dirinya sangat senang diberikan kesempatan untuk melihat langsung pembibitan pisang yang saat ini paling laris dan mahal.

 

“Hari ini kami sangat bersyukur Pj. Gubernur kita yang baru Bapak Bahtiar Baharuddin mengajak kami untuk melihat proses pembibitan Pisang Cavendish di kota kelahirannya. Ini adalah ilmu yang berharga,” ucap Syaharuddin.

 

Disampaikan, sesuai arahan Pj. Gubernur Sulbar bahwa komoditi tersebut sangat berpotensi untuk dikembangkan di Sulbar, apalagi Sulbar termasuk daerah penghasil pisang di Indonesia.

 

“Di Sulbar, pisang banyak tetapi untuk jenis Cavendish ini belum pernah ada yang menanam, jadi kita wajib mencoba dan mendorong masyarakat dalam membudidayakan pisang ini,” ujarnya.

 

“Apalagi jika dilihat letak Sulbar yang sangat strategis dalam hal memasarkan pisang kedepannya, bisa dipasarkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN), bisa ke Sulsel dan tentunya kita berharap bisa diekspor ke Mancanegara” sambungnya.

 

Penulis : Dinas Perkim Sulbar

Editor : humassulbar

Read 160 times
(0 votes)