28 Mei 2024

BPBD Sulbar Tingkatkan Kapasitas Petugas Penanggulangan Bencana

 

Mamuju—Dalam rangka meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan koordinasi petugas penanggulangan bencana dalam merespon situasi darurat dengan cepat dan efektif, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Barat (Sulbar), menggelar acara Peningkatan Kapasitas Petugas Penanggulangan Bencana Tahun Anggaran 2024 di Grand Maleo Hotel & Convention Mamuju, Senin 27 Mei 2024.

 

Acara ini dibuka Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Sulbar Muhammad Yasir Fattah, didampingi Kepala Bidang Darurat dan Logistik, Arnidah, serta Penata Penanggulangan Bencana Ahli Muda, Herman. Tahap pertama pelaksanaan acara ini akan berlangsung hingga 01 Juni 2024.  

 

Partisipan yang turut serta dalam acara ini berasal dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD), antara lain BPBD Provinsi dan Kabupaten se-Sulbar, BASARNAS, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten se-Sulbar, serta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sulbar. Total peserta yang hadir mencapai 40 orang.

 

Melalui pembekalan ini, diharapkan petugas dapat lebih siap dan terlatih dalam menghadapi berbagai jenis bencana yang mungkin terjadi di wilayah mereka.

 

Dalam sambutannya, Plt. Kalaksa BPBD Sulbar, Muhammad Yasir Fattah menekankan pentingnya peningkatan keterampilan dan pengetahuan petugas penanggulangan bencana guna meningkatkan efektivitas dalam merespon berbagai keadaan darurat. 

 

“Acara ini merupakan bagian dari upaya penguatan kapasitas petugas penanggulangan bencana BPBD, agar mampu memberikan respon yang cepat dan tepat saat terjadi bencana,” kata Yasir Fattah.

 

Yasir Fattah menuturkan, hadirnya para ahli dalam bidang penanggulangan bencana juga menjadi nilai tambah dalam acara tersebut, dimana mereka berbagi pengalaman dan pandangan yang berguna untuk meningkatkan kesiapsiagaan seluruh petugas penanggulangan bencana.

 

Sementara itu, Kepala Bidang Darurat dan Logistik BPBD Sulbar, Arnidah menekankan pentingnya kolaborasi antarinstansi dalam rangka penanggulangan bencana. 

 

“Kerja sama yang baik di antara OPD menjadi faktor kunci dalam menjamin keselamatan dan kesejahteraan masyarakat saat terjadi bencana,” pungkas Arnidah.

 

Diharapkan, melalui acara peningkatan kapasitas ini, para peserta dapat meningkatkan kemampuan mereka sebagai petugas penanggulangan bencana yang handal dan responsif.

 

Penulis : BPBD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 147 times
(0 votes)