27 Mei 2024

Kepala Dinas TPHP Turut Dampingi Pj. Gubernur Sulbar Bahtiar Kunjungi Sentra Lahan Pisang Cavendish di Bone

 

Bone – Jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Pemprov Sulbar) mengunjungi Sentra Pembibitan Pisang Cavendish di Desa Batu Gading, Kecamatan Mare, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (25/05/2024). Kunjungan bertujuan untuk melihat langsung bagaimana cara budidaya Pisang Cavendish dan Nanas Madu.

 

Kunjungan itu dipimpin langsung Pj. Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin. Hadir Sekprov Sulbar Muhammad Idris serta sejumlah pimpinan OPD. Salah satunya, Kepala Dinas TPHP Sulbar, Syamsul Ma’rif.

 

Pj. Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin, pada kesempatan itu turut memotivasi sejumlah OPD Pemprov Sulbar untuk mencanangkan program Pisang Cavendish di Sulbar. Ia berharap, seluruh masyarakat menanam pisang agar perekonomian meningkat karena targetnya adalah  ekspor ke Asia lainnya.

 

“Indonesia baru bisa memenuhi 1 persen kebutuhan pisang dunia, sehingga kalau diproduksi secara industri, akan menjadi pemasukan yang luar biasa. Selain itu, sudah dilakukan kerja sama dengan KUR, sehingga masyarakat bisa mulai melakukan pertanian industri,” ungkap Bahtiar.

 

"Mari kita saling berdiskusi, bertanya dan menyampaikan hal-hal yang diperlukan untuk meningkatkan kemampuan kita dan mencari solusi terbaik untuk wilayah kita," tambahnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas TPHP Sulbar Syamsul Ma’rif, yang hadir bersama seluruh bidang yang ada Dinas TPHP Sulbar, menyatakan dukungannya terhadap apa yang diprogramkan Pj. Gubernur Sulbar untuk pertanian Sulbar.

 

"Kami berharap dengan kegiatan ini, kedepan bisa menjadi motivasi untuk masyarakat, khususnya petani dalam budidaya pohon Pisang Cavendish. Ini dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat Sulbar," kata Syamsul Ma’rif.

 

“Saya berharap hasil budidaya Pisang Cavendish dapat memuaskan. Apalagi, pisang tersebut memiliki prospek ekonomi yang sangat menjanjikan,” imbuhnya.

 

Di Lokasi berbeda yaitu lahan milik PTPN seluas 200 ha, terdapat 2.000 tanaman pisang untuk per hektarnya. Selain terdapat kebun pisang ada juga kebun nanas. Setelah pisang ditebang, selanjutnya ditanami nanas. Untuk saat ini terdapat 4 juta tanaman nanas jenis Nanas Madu dan terintegrasi dengan ternak, pohon pisangnya bisa difermentasi untuk pakan 20.000 ekor ternak. 

 

Penulis : Dinas TPHP Sulbar

Editor : humassulbar

Read 534 times
(0 votes)