26 Mei 2024

Pj. Bupati Mamasa Bersama Plt. Kalaksa BPBD Sulbar dan Kepala Bidang PTDO Pusdalops BNPB RI Tinjau Lokasi Longsor di Mamasa

 

Mamasa-- Penjabat (Pj) Bupati Mamasa, Muhammad Zain bersama Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Barat (Sulbar), Muhammad Yasir Fattah, dan Kepala Bidang Penanganan Tanggap Darurat Operasional (PTDO) Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, Riswandi, melakukan peninjauan langsung di lokasi bencana tanah longsor di Kabupaten Mamasa, Jumat 24 Mei 2024.

 

Dalam kunjungan tersebut, mereka membahas langkah-langkah penanggulangan dan pemulihan lokasi bencana tanah longsor dengan kerja sama yang erat antara pemerintah daerah, BPBD, dan BNPB. Upaya koordinasi ini bertujuan untuk menyediakan bantuan dan bimbingan yang diperlukan untuk mengatasi dampak bencana dan memulihkan area yang terkena musibah.

 

Pj. Bupati Mamasa, Plt. Kalaksa BPBD Sulbar, dan Kepala Bidang PTDO Pusdalops BNPB RI, menyatakan komitmen mereka untuk saling mendukung dalam menjalankan langkah-langkah penanggulangan bencana yang efektif dan berkelanjutan. Mereka juga menekankan pentingnya sinergi antarlembaga dan gotong-royong dalam upaya pemulihan pasca-bencana.

 

Pj. Bupati Mamasa Muhammad Zain, menegaskan pentingnya kerja sama lintas sektor dan kolaborasi yang solid dalam menjalankan upaya penanggulangan bencana. 

 

“Langkah-langkah preventif juga turut dibahas guna meminimalkan risiko terulangnya kejadian serupa di masa depan,” kata Muhammad Zain.

 

Sementara itu, Plt. Kalaksa BPBD Sulbar Muhammad Yasir Fattah menyatakan, komitmen bersama untuk mendukung pemulihan dan rehabilitasi wilayah yang terdampak menunjukkan keseriusan semua pihak terkait dalam menyikapi bencana alam. 

 

“Semoga langkah-langkah yang diambil dapat memberikan bantuan yang efektif bagi masyarakat yang terkena dampak bencana tanah longsor di Mamasa,” harap Yasir Fattah.

 

Yasir Fattah juga berharap, kerja sama yang baik antara semua pihak terkait dapat memberikan solusi yang tepat dan bermanfaat bagi masyarakat yang terdampak bencana tanah longsor di Mamasa.

 

Diketahui, bencana longsor di beberapa titik di Kabupaten Mamasa terjadi pada tanggal 21 hingga 22 Mei 2024.

 

Penulis : BPBD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 157 times
(0 votes)