23 Mei 2024

Respon Cepat BPBD Sulbar Kejadian Longsor di Mamasa, Kirimkan Bantuan Logistik ke Lokasi Terdampak

 

Mamuju--Hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) sejak Rabu sore (22 Mei 2024) hingga malam telah menyebabkan terjadinya longsor di beberapa titik dan menutup ruas Jalan Nasional Mamuju-Mamasa. 

 

Respon cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulbar, selain berkoordinasi ke BPBD Mamasa juga mengirimkan bantuan logistik ke lokasi yang terdampak, Kamis 23 Mei 2024. 

 

Koordinator Pusdalops BPBD Sulbar, Inaldy ls Silang mengatakan, sampai saat informasi ini diturunkan di titik tersebut masih dalam koordinasi dengan Kalaksa BPBD Mamasa, Gusti Harmiawan.

 

“Kejadian longsor ini mengakibatkan kerusakan pada permukiman warga, rumah, dan sejumlah infrastruktur publik di wilayah tersebut,” ungkap Inaldy.

 

Kepala Bidang Darurat dan Logistik BPBD Sulbar, Arnida menyampaikan, BPBD Sulbar mengirimkan bantuan logistik berupa terpal, sabun mandi, tikar dan selimut. Selain itu, juga membawa peralatan operasional ke lokasi terdampak.

 

“Sedangkan, untuk peralatan operasional BPBD Sulbar membawa peralatan berupa tenda pengungsi, genset dan lampu light tower,” bebernya.

 

Sementara, Plt. Kalaksa BPBD Sulbar, Muhammad Yasir Fattah menyampaikan, menurut informasi yang diterimanya, BPBD Mamasa bersama dengan seluruh sumber daya kebencanaan telah melakukan kaji cepat dan penanganan darurat di beberapa titik kejadian. 

 

“Tim dari BPBD Mamasa dikerahkan untuk memberikan bantuan dan merespon kondisi darurat yang terjadi akibat bencana alam ini,” kata Yasir Fattah.

 

Adapun upaya penanganan darurat, meliputi evakuasi warga terdampak, distribusi bantuan dan logistik, serta perbaikan sementara pada infrastruktur yang rusak. 

 

“BPBD Mamasa bekerja secara aktif untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan masyarakat yang terkena dampak bencana tersebut dan terus melakukan koordinasi ke BPBD Sulbar,” ucapnya.

 

Yasir Fattah menambahkan, hingga saat ini, selain terus berkoordinasi dengan BPBD Mamasa dan instansi terkait, BPBD Sulbar juga mengirimkan bantuan logistik ke lokasi yang terdampak akibat bencana longsor di Mamasa.

 

“Kami juga akan melakukan evaluasi terhadap kondisi di lapangan guna menentukan langkah selanjutnya dalam upaya penanganan bencana ini. Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan mengikuti petunjuk dari pihak berwenang demi keselamatan bersama,” tambahnya.

 

Penulis : BPBD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 166 times
(0 votes)