16 Mei 2024

Dinas TPHP Sulbar Terima Kunjungan Mahasiswa Fakultas Pertanian dan Kehutanan Unsulbar di UPTD BBTPH Polman

 

Polman - Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menerima kunjungan sejumlah Mahasiswa Fakultas Pertanian dan Kehutanan Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) di Kantor UPTD Balai Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (BBTPH) di Kelurahan Lantora, Kecamatan Polewali, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Selasa, 14 Mei 2024.

 

Kedatangan sejumlah mahasiswa tersebut dalam rangka pembelajaran lapangan di UPTD BBTPH. Kunjungan ini diterima Kasi Produksi UPTD BBTPH M. Arsyad bersama Petugas Perbenihan Rijal, Rokim, Ilham dan Asmadi.

 

Pembelajaran lapangan yang dilaksanakan oleh mahasiswa tersebut difokuskan pada teknik perbenihan padi inbrida. Pejabat dan staf UPTD BBTPH yang mendampingi kegiatan tersebut memberikan penjelasan mulai dari proses awal perbenihan padi inbrida, panen dan pascapanen sehingga menjadi benih. 

 

Kasi Produksi UPTD BBTPH M. Arsyad menyampaikan, di UPTD tersebut sudah cukup banyak pelajar baik dari tingkatan SMK, Mahasiswa S1, bahkan Mahasiswa Jenjang Doktor melaksanakan Praktek Kerja Lapang (PKL) maupun penelitian.

 

Olehnya itu, pihaknya berharap kedepan fasilitas perbenihan di UPTD tersebut bisa lebih ditingkatkan baik kuantitas maupun kualitasnya.

 

“Hal ini agar selain bisa menjalankan tugas pokok perbenihan dengan baik sekaligus dapat menjadi tempat edukasi bagi pelajar yang mengambil konsentrasi keilmuan pada bidang pertanian,” kata Arsyad.

 

Amir, Dosen Pembimbing yang mendampingi Mahasiswa Unsulbar tersebut mengatakan, melalui kegiatan itu diharapkan dapat menambah wawasan para mahasiswa terkait teknologi di bidang pertanian khususnya perbenihan. 

 

Sementara itu, Kepala Dinas TPHP Sulbar, Syamsul Ma’rif berharap, peserta kunjungan lapang dari Unsulbar tersebut bisa mempergunakan pengalaman yang didapat saat berada di UPTD BBTPH dengan sebaik-baiknya. 

 

“Semoga sukses dan semua bisa dapat pekerjaan yang sesuai keinginan,” ucapnya.

 

Ia juga berharap kunjungan lapang tersebut dapat memberikan inspirasi kepada mahasiswa untuk menjadi agen perubahan di bidang pertanian berkelanjutan dan juga menghadapi tantangan masa depan dalam pembangunan pertanian di era modern.

 

Penulis : Dinas TPHP Sulbar

Editor : humassulbar

Read 107 times
(0 votes)