16 Mei 2024

Lomba Murottal Dewasa MTQ Ke-10 Tingkat Provinsi Sulbar Sukses Digelar di Pasangkayu

 

Pasangkayu – Gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-10 Tingkat Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) yang berlangsung di Kabupaten Pasangkayu, sukses menarik perhatian masyarakat. Salah satu lomba yang digelar pada MTQ ini adalah Lomba Murottal Dewasa.

 

Lomba Murottal Dewasa dihelat di Alun-Alun Pasangkayu pada Selasa 14 Mei 2024 malam. Acara ini dihadiri Bupati Pasangkayu Yaumil Ambo Jiwa, serta sejumlah pejabat penting lainnya, seperti Kepala Kemenag Pasangkayu Muhammad Hatta dan Kepala Bagian Kesra Setda Pasangkayu Muhammad Murfin. Tidak kurang dari 500 masyarakat Pasangkayu turut menyaksikan jalannya perlombaan, memberikan dukungan moril kepada para peserta.

 

Perlombaan Murottal Dewasa ini diikuti 11 peserta dengan nomor urut TQ 501 hingga TQ 512. Dewan Hakim yang bertugas terdiri dari tiga bidang penilaian utama. Untuk, Bidang Tajwid dan Farsyul Huruf, penilaian dilakukan oleh KM Anwar Hasan dan Umat. Bidang Fhasahah dan Qaudah Ushuliyah dinilai oleh Syukri Jamaluddin dan Mansyur. Sementara itu, Bidang Suara dan Irama dinilai oleh Husna Haryono dan Syamsul Ahyar. 

 

Keseluruhan perlombaan dipantau oleh Pemegang Lampu Budi Abdullah, serta tiga panitera yaitu Idawati, Muslim Kamruddin dan Santi Cahya. Acara dipandu oleh MC Misrawati.

 

Sebelum perlombaan dimulai, acara dibuka dengan penampilan Grup Gambus dari Pondok Pesantren Abuhuraerah yang memukau penonton. Pertunjukan tersebut memberikan nuansa Islami yang kental dan menambah semarak suasana sebelum kompetisi dimulai. Perlombaan berlangsung mulai pukul 20.00 WITA hingga pukul 23.55 WITA. Di sela-sela perlombaan, panitia menyelenggarakan door prize bagi penonton yang beruntung, serta mengumumkan finalis untuk cabang lomba Tilawah Al-Quran Anak-Anak dan Dewasa.

 

Selama perlombaan, para peserta menunjukkan kemampuan terbaik mereka dalam melantunkan ayat-ayat suci Al-Quran dengan suara yang merdu dan penghayatan yang mendalam. Setiap peserta mendapatkan perhatian khusus dari Dewan Hakim yang menilai dengan teliti setiap aspek penampilan mereka. Antusiasme masyarakat yang hadir terlihat dari semangat mereka dalam memberikan dukungan kepada para peserta, menciptakan suasana kompetisi yang sehat dan penuh semangat.

 

Sementara itu, di tempat berbeda, Kepala Biro Pemkesra Setda Sulbar Arianto menyampaikan rasa syukur dan kebanggaannya atas terselenggaranya acara itu dengan lancar dan sukses. 

 

“Dengan berakhirnya perlombaan Murottal Dewasa, diharapkan semangat untuk mempelajari dan mengamalkan ajaran Al-Quran semakin mengakar di hati setiap peserta dan penonton,” ucapnya.

 

Penulis : Biro Pemkesra Setda Sulbar

Editor : humassulbar

Read 107 times
(0 votes)