14 Mei 2024

DLH Sulbar Gelar Sosialisasi Pengelolaan Sampah di Lokasi Proklim Desa Bonde

 

Majene--Dalam rangka peningkatan kapasitas masyarakat di lokasi Program Kampung Iklim (Proklim), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sulawesi Barat (Sulbar) menggelar Sosialisasi Pengelolaan Sampah di Desa Bonde, Kecamatan Pamboang, Kabupaten Majene, Senin 13 Mei 2024.

 

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala DLH Sulbar Zulkifli Manggazali, Kepala Bidang Pengendalian dan Pencemaran Lingkungan Alexander Bontong, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Afdal Mahyuddin, Ketua Tim Proklim DLH Sulbar Syukriah Alimuddin, Kepala Desa Bonde Awaluddin, Kepala Dusun se-Desa Bonde, Ketua Komunitas Relawan Siaga 86 Majene M. Aslan Sidang dan para perwakilan warga Desa Bonde. 

 

Kebersihan lingkungan dan sampah menjadi salah satu faktor dari kesehatan masyarakat. DLH Sulbar menyampaikan permasalahan umum terkait pengelolaan sampah, yaitu bahaya dari tidak terkelolanya sampah. Masalah sampah tentunya dapat mengakibatkan masalah baru bagi lingkungan dan kesehatan. Sampah yang tidak terkelola dengan baik akan menjadi sarang penyakit melalui pencemaran air, tanah dan udara. 

 

Timbulnya hewan pembawa penyakit seperti tikus dan kecoa juga dapat hadir disebabkan tumpukan sampah yang tidak terkelola. Tumpukan sampah juga mengakibatkan bau yang tidak sedap serta hilangnya estetika/keindahan lingkungan.

 

Kegiatan sosialisasi pengelolaan sampah merupakan implementasi dari amanat Undang- Undang Nomor 32 Tahun 2009 dan Permen Lingkungan Hidup dan Peraturan Gubernur Sulawesi Barat Nomor 47 Tahun 2018 tentang Kebijakan dan Strategi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga dimana target 30% pengurangan sampah dan 70% target pengelolaan sampah pada tahun 2025. 

 

Desa Bonde merupakan desa Proklim yang diregistrasikan pada tahun 2022. Salah satu permasalahannya adalah pengelolaan sampah, dimana warga setempat masih banyak yang membuang sampahnya ke pesisir dan laut. Oleh karena itu, diharapkan seluruh elemen masyarakat dan pemerintah setempat dapat bahu membahu dalam memperkuat kapasitas ketahanan terhadap iklim dan cuaca ekstrem melalui pelaksanaan aksi adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca khususnya melalui pengelolaan sampah.

 

Kepala DLH Sulbar, Zulkifli Manggazali mengatakan, diharapkan sosialisasi itu dapat meningkatkan kapasitas masyarakat dan pemerintah setempat dalam upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara global dan khususnya di Sulbar.

 

Penulis : DLH Sulbar

Editor : humassulbar

Read 97 times
(0 votes)