10 Mei 2024

BPBD Sulbar Koordinasikan Pelaksanaan Gladi Kesiapsiagaan Bencana 2024 ke BNPB RI

 

Jakarta--Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Barat (Sulbar) diwakili Fungsional Penata Penanggulangan Bencana Ahli Muda Inaldy L.S Silang dan Penelaah Teknis Kebijakan Asrifin, melakukan koordinasi ke BNPB RI perihal Pelaksanaan Gladi Kesiapsiagaan Bencana dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) Tahun 2024, yang diterima langsung oleh Direktur Kesiapsiagaan BNPB RI di ruang kerjanya di Kantor BNPB RI, Jl. Pramuka Kav. 38, Jakarta Timur, Rabu 8 Mei 2024. 

 

Koordinasi ini menindaklanjuti arahan Plt. Kepala Pelaksana BPBD Sulbar Muhammad Yasir Fattah kepada Stafnya untuk melakukan koordinasi ke BNPB dalam hal pelaksanaan Gladi Kesiapsiagaan Bencana yang akan dilaksanakan dari tanggal 20 - 22 Mei 2024 di Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Sulbar.

 

Direktur Kesiapsiagaan BNPB RI, Drs. Pangarso Suryotomo menegaskan, kegiatan HKBN bukan hanya seremonial saja tetapi bagaimana Hari Kesiapsiagaan Bencana ini bertujuan untuk membudayakan pelatihan secara terencana, terpadu dan berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan serta kesiapsiagaan masyarakat menuju Indonesia Tangguh Bencana. 

 

Menurut Pangarso, Peringatan HKBN adalah momentum untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan sebagai bangsa, khususnya masyarakat yang ada di daerah rawan bencana, untuk meningkatkan kapasitas dalam menghadapi bencana tandasnya.

 

"Harapannya, pelaksanaan Gladi Kesiapsiagaan Bencana ini menjadi tempat kita untuk menguji dan melatih hingga akhirnya menjadi budaya yang tersistem dalam struktur kehidupan masyarakat kita," ucapnya.

 

Secara terpisah, Plt. Kalaksa BPBD Sulbar, Muhammad Yasir Fattah menyampaikan Pelaksanaan Gladi Kesiapsiagaan Bencana ini akan dilaksanakan beberapa kegiatan antara lain Lomba Pasang dan Bongkar Tenda Pengungsi serta Lomba Cerdas Cermat Kebencanaan yang melibatkan BPBD se-Sulbar.

 

“Tidak hanya itu, BPBD Mateng juga akan menampilkan simulasi bencana sebagai bagian rangkaian kegiatan " kata Yasir Fattah.

 

Koordinasi yang dilakukan di BNPB bertujuan untuk menyiapkan soal-soal yang akan di gunakan pada lomba cerdas cermat nantinya serta beberapa hal yang perlu untuk dilaporkan ke BNPB yang menunjang dalam hal peningkatan kapasitas dalam penanggulangan bencana.

 

Penulis : BPBD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 139 times
(0 votes)