09 Mei 2024

Tim Penyusun LKPD Provinsi Sulbar Lakukan Finalisasi LKPD Audited 2023

 

Mamuju--Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) diwakili oleh Tim Penyusun Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Bidang Akuntansi dan Pelaporan Keuangan serta Bidang Pengelolaan BMD melakukan kegiatan proses finalisasi koreksi LKPD Audited Tahun Anggaran 2023 dalam kaitannya dengan hasil pemeriksaan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI dan Pemberian Opini atas LKPD Provinsi Sulbar. 

 

Berlangsung di Kantor BPK RI Perwakilan Sulbar, Selasa-Kamis, (07-09 Mei 2024), kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bidang Akuntansi dan Pelaporan Keuangan, Muhammad bersama Analisis Keuangan Pusat dan Daerah, Gaffar, Staf Bidang Akuntansi, Fitri Pratiwi dan Ismail Yahya.

 

Kegiatan finalisasi ini juga bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai kualitas informasi yang disajikan di LKPD sebagai bentuk pertanggungjawaban pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangannya.

 

Pemprov Sulbar berupaya untuk memenuhi semua kriteria serta indikator untuk memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk yang kesepuluh kalinya.

 

Adapun kriteria pemberian opini WTP oleh BPK meliputi :

 

a. Kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan.

b. Kecukupan pengungkapan (adequate disclosures).

c. Kepatuhan terhadap ketentuan perarturan perundang-undangan.

d. Efektivitas Sistem Pengendalian Intern (SPI).

 

Kepala Bidang Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Daerah BPKPD Sulbar, Muhammad menjelaskan, meskipun telah dilakukan uji analytical procedures yang bertujuan menguji validitas terhadap LKPD, finalisasi laporan itu penting untuk dilakukan dalam rangka meyakinkan keandalan informasi yang disajikan pada LKPD dan sesuai standar SAP. 

 

Di tempat lain, Kepala BPKPD Sulbar Masriadi Nadi Atjo mengatakan, atas nama Pemprov Sulbar pihaknya menyampaikan harapan, dukungan dan support dari BPK Perwakilan Sulbar untuk dapat bersinergi dengan baik dalam menciptakan pengelolaan keuangan daerah yang akuntabel dan transparan, sehingga Sulbar dapat mempertahankan opini WTP yang kesepuluh kalinya secara berturut-turut.

 

Penulis : BPKPD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 90 times
(0 votes)