28 Apr 2024

Disbun Sulbar Sosialisasikan STDB Tanaman Perkebunan Tingkat Pekebun di Mateng

 

Mateng- Dinas Perkebunan Sulawesi Barat (Disbun Sulbar), melaksanakan Sosialisasi Surat Tanda Daftar Budidaya (STDB) Tanaman Perkebunan di Tingkat Pekebun Kecamatan Topoyo, Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng). Kegiatan ini dilaksanakan di dua tempat yaitu Desa Salupangkang dan Desa Kabubu. 

 

Sosialisasi STDB tersebut berlangsung selama dua hari yakni Jum’at -Sabtu, (26-27 April 2024).

 

Sambutan Kadisbun Sulbar Herdin Ismail, yang disampaikan Sekretaris Disbun Sulbar Andi Sitti Kamalia menyampaikan pentingnya sosialisasi kepada tim teknis.  

 

Sitti Kamalia mengungkapkan, sosialisasi itu bertujuan memberikan pembekalan kepada tim atau petugas kabupaten untuk melaksanakan pendataan, verifikasi, pemetaan, dan penerbitan STDB sehingga terdokumentasikan dan terinventaris data spasial kebun dan luas lahannya.

 

“Hal ini bertujuan untuk melindungi dan mempertahankan keberlanjutan lingkungan di perkebunan kelapa sawit. STDB penting jadi syarat petani untuk bisa punya sertifikat ISPO,” pungkasnya.

 

Sosialisasi tersebut menghadirkan dua narasumber yang memberikan materi sesuai bidangnya masing-masing. Kedua materi tersebut mewakili semua stakeholder yang terlibat.

 

Narasumber pertama, Kepala Seksi Penataan dan Pemberdayaan Masyarakat Nurfuad Mudjid, dalam paparannya menyampaikan terkait penataan kembali struktur penguasaan, pemilikan, penggunaan, dan pemanfaatan tanah yang lebih berkeadilan melalui penataan aset berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 62 Tahun 2023 Tentang Percepatan Pelaksanaan Reforma Agraria.

 

Narasumber kedua, Kasi Perencanaan dan Pemanfaatan Hutan UPTD KPH Karossa Imran Jaya, yang banyak menjelaskan tentang pemetaan dan poligon lahan, pengambilan data lapangan dengan GPS, pembuatan poligon lahan, pemetaan lahan, overlay peta lahan dengan peta kawasan hutan, serta pengenalan aplikasi (Avenza Maps).

 

Sebelum kegiatan diakhiri, Sekretaris Disbun Sulbar berharap semua peserta sosialisasi dapat mengambil manfaat apa yang disampaikan pemateri, sehingga mendapat pembelajaran untuk diaplikasikan dalam lingkungan kerja masing-masing. 

 

“Tentunya Disbun dan berbagai stakeholder yang terlibat, mendukung bahkan mendorong agar seluruh masyarakat yang berusaha pada bidang perkebunan sawit memiliki STDB Tanaman Perkebunan,” imbuhnya.

 

Penulis : Disbun Sulbar

Editor : humassulbar

Read 351 times
(0 votes)