21 Sep 2024

Dinas Dukcapil Sulbar Hadiri HLM TP2DD dan Lounching Penggunaan KKPD

 

Mamuju - Plh. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Muhammad Rusdi, bersama Sekretaris Dinas Dukcapil Sulbar Sri Utari dan Bendahara Pengeluaran Dinas Dukcapil Sulbar Perawati, menghadiri High Level Meeting (HLM) Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) dirangkaikan dengan Lounching Penggunaan KKPD Provinsi dan Kabupaten se-Sulbar yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Maleo Mamuju, pada Kamis, 19 September 2024.

 

Kegiatan ini dibuka oleh Pj. Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin. Hadir beberapa pejabat antara lain Ketua DPRD Sulbar St. Suraidah Suhardi, Bupati se-Sulbar, Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulbar, Pimpinan Bank Sulselbar serta para Kepala Perangkat Daerah, Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK), dan Bendahara Pengeluaran/Penerimaan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

 

Pj. Gubernur Sulbar, Bahtiar Baharuddin mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam peningkatan digitalisasi pengelolaan keuangan. 

 

Pada kegiatan itu, Pj. Gubernur Sulbar melakukan penandatanganan MoU Opsen Pajak Daerah dengan para Bupati se-Sulbar. Dilanjutkan dengan Launching KKPD di Sulbar yang ditandai dengan prosesi penekanan tombol serine secara bersama-sama oleh Pj. Gubernur Sulbar, Ketua DPRD Sulbar dan para Bupati se-Sulbar.

 

Sementara, dalam rangkaian acara HLM TP2DD Sulbar dilakukan prosesi diskusi tanya jawab oleh peserta kepada beberapa panelis terkait dengan Overview Kinerja TP2DD Sulbar, Implementasi Belanja Menggunakan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) serta Optimalisasi PAD melalui Opsen Pajak. 

 

Plh. Kadis Dukcapil Sulbar, Muhammad Rusdi mengatakan kedua program tersebut merupakan program nasional yang tertuang dalam undang-undang dan permendagri sehingga harus didukung penuh. Sebagai pengguna KKPD, Ia berharap program tersebut dapat lebih dipertajam mengingat hal itu merupakan hal baru dalam pengelolaan keuangan.

 

"Saya berharap dapat lebih dipertajam dengan melakukan bimbingan teknis atau semacamnya dalam pengimplementasian KKPD pada unit kerja," kata Rusdi, usai menghadiri kegiatan itu. 

 

Penulis : Dinas Dukcapil Sulbar

Editor : humassulbar

Read 13 times
(0 votes)