26 Apr 2024

Biro PBJ Setda Sulbar Bentuk Tim “Patroli” Katalog Elektronik Lokal

 

Mamuju-- Biro Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Barat (Setda Sulbar) telah mengambil langkah proaktif dengan membentuk tim khusus untuk melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) terhadap Implementasi Katalog Elektronik Lokal. Langkah ini diambil sebagai respons atas banyaknya temuan ketidaksesuaian produk yang ditawarkan oleh pelaku usaha dengan persyaratan yang telah ditetapkan.

 

Tujuan utama dibentuknya Tim Monev ini adalah untuk melakukan pengawasan dan memastikan efektivitas dari Katalog Elektronik Lokal yang diterapkan di Sulbar. Pada praktiknya, Katalog Elektronik Lokal diharapkan dapat mempermudah akses pelaku usaha lokal untuk menawarkan produk-produk mereka kepada instansi pemerintah, sekaligus meningkatkan transparansi dan efisiensi dalam proses pengadaan barang dan jasa.

 

Namun, dilatarbelakangi oleh temuan banyak ketidaksesuaian, baik dari segi spesifikasi teknis, kesesuaian produk dengan etalase, maupun ketidaksesuaian produk dengan sertifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN), langkah-langkah Monev menjadi sangat penting. Ketidaksesuaian-ketidaksesuaian ini menjadi tantangan yang perlu diatasi agar proses pengadaan barang dan jasa dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

 

Biro PBJ Setda Sulbar menegaskan komitmennya untuk menangani masalah ini dengan serius. Tim Monev yang dibentuk akan bekerja secara aktif untuk mengidentifikasi potensi ketidaksesuaian, melakukan pengecekan secara berkala, serta memberikan rekomendasi dan tindak lanjut yang diperlukan untuk memperbaiki keadaan.

 

Plt. Kepala Biro PBJ Setda Sulbar Muhtar mengatakan, pihaknya perlu memastikan bahwa Katalog Elektronik Lokal berjalan efektif sesuai dengan tujuan awalnya. 

 

“Tim Monev akan bekerja keras untuk memastikan transparansi dan akurasi dalam proses pengadaan barang dan jasa. Tim ini akan melakukan pengawasan secara rutin, semacam patroli di semua etalase," kata Muhtar, Kamis 25 April 2024.

 

Langkah ini tidak hanya diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan akurasi Katalog Elektronik Lokal, tetapi juga mendukung pertumbuhan dan pengembangan pelaku usaha lokal di Sulbar. Dengan demikian, keberhasilan implementasi Katalog Elektronik Lokal tidak hanya akan memberikan manfaat bagi instansi pemerintah dan pelaku usaha, tetapi juga bagi masyarakat luas di Sulbar.

 

Penulis : Biro PBJ Setda Sulbar

Editor : humassulbar

Read 117 times
(0 votes)