05 Jan 2024

Sekretaris DP3AP2KB Sulbar : Kualitas SDM Jadi Syarat Mutlak Capai Bonus Demografi

 

MAMUJU--Sekretaris Dinas Perberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Sulawesi Barat (Sulbar) dr. Muhammad Ihwan melakukan Dialog Interaktif ”Pengaruh Perkawinan Anak Terhadap Bonus Demografi di Sulbar”, di Studio RRI Mamuju, Kamis, 04 Januari 2024.

 

Bonus demografi merupakan potensi pertumbuhan ekonomi yang tercipta akibat perubahan struktur umur penduduk, dimana proporsi usia kerja lebih besar dari proporsi usia bukan pekerja.

 

Sekretaris DP3AP2KB Sulbar, dr. Muhammad Ihwan menerangkan, bonus demografi di Sulbar tidak dapat diraih jika persoalan kemiskinan, stunting, putus sekolah dan perkawinan anak tidak dapat dituntaskan.

 

“Kalau persoalan kemiskinan, stunting, putus sekolah dan perkawinan anak di Sulbar tidak bisa dituntaskan, maka jangan harap bonus demografi dapat kita raih,” ujar Ihwan.

 

Lebih jauh Ihwan mengutarakan, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi syarat mutlak mencapai bonus demografi. Kualitas SDM dapat meningkat bila persoalan perkawinan anak, stunting dan anak putus sekolah dituntaskan.

 

“Untuk meningkatkan kualitas SDM, persoalan perkawinan anak, stunting dan anak putus sekolah harus dituntaskan,” tegas Ihwan (rls)

Read 317 times
(0 votes)