18 Des 2023

BPKPD Sulbar Gedor 4+1, Bagikan 104 Paket Bantuan di Dua Kecamatan di Pasangkayu

 

Pasangkayu--Dalam rangka mendukung program prioritas Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Pemprov Sulbar) di bawah kepemimpinan Prof. Zudan Arif Fakrulloh bersama Sekretaris Daerah Provinsi Sulbar Muhammad Idris, Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Sulbar melakukan intervensi permasalahan 4+1 di Kabupaten Pasangkayu. Kegiatan itu bertajuk BPKPD Gedor (Gerakan Donasi Bersama) 4+1. 

 

Sebelum tim turun ke lapangan, Kepala BPKPD Sulbar Amujib membentuk 3 (tiga) tim, pertama Tim Maju tugasnya adalah ke lokasi meninjau langsung data yang telah dikonfrontir ke Dinas Pendidikan untuk data anak tidak sekolah, DP3AP2KB untuk data kawin muda, Dinas Sosial untuk data kemiskinan ekstrem dan Dinas Kesehatan untuk data stunting. Tim II tugasnya mempersiapkan paket yang akan dibagikan dan Tim III tugasnya mendistribusikan paket yang telah ada ke masyarakat.

 

Dipimpin langsung Kepala BPKPD Sulbar, bersama kurang lebih 35 orang tim ASN dan PTT BPKPD  melakukan perjalanan ke Kabupaten Pasangkayu untuk penanganan permasalahan 4+1 (kemiskinan ekstrem, stunting, anak tidak sekolah, kawin muda dan pengendalian inflasi) di beberapa lokus penanganan stunting di dua kecamatan di kabupaten tersebut, Sabtu 16 Desember 2023.

 

Dua kecamatan dimaksud yaitu Kecamatan Bulutaba dan Kecamatan Lariang. Di Kecamatan Bulutaba aksi penanganan 4+1 dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Bulutaba. Sementara di Kecamatan Lariang dilakukan di Balai Aula Desa Singgani.

 

Sebanyak 104 paket bantuan diberikan, terdiri dari 61 paket untuk masyarakat berdampak kemiskinan ekstrem berupa telur, beras 5 kg, minyak goreng dan gula pasir.  35 paket untuk stunting berupa jenis makanan protein hewani seperti telur, susu SGM anak balita, susu UHT dan biskuit dan 8 paket bagi anak tidak sekolah berupa pakaian seragam sekolah, sepatu dan tas sekolah.

 

Semua tim menginap berbaur bersama-sama di perumahan warga. Hal ini juga mendukung program prioritas Pemprov Sulbar yaitu OPD lebih dekat dengan masyarakat.

 

Kepala BPKPD Sulbar Amujib mengatakan, kegiatan itu adalah merespon harapan Pj. Gubernur Sulbar yakni agar seluruh OPD memberikan kontribusi penanganan 4+1. Selain itu, juga sebagai bentuk perhatian seluruh pegawai yang ada di BPKPD Sulbar, dengan melakukan donasi bersama.

 

"Masalah 4+1 ini akan bisa sukses jika kita seluruhnya yang ada di BPKPD berkolaborasi bersama-sama mendukung dan mengentaskan program ini," ucap Amujib

 

Amujib menuturkan, kegiatan itu diharapkan bisa berkelanjutan sampai dengan kondisi masyarakat bisa lebih baik dari kondisi-kondisi sebelumnya.

 

Pihak Pemerintah Kabupaten Pasangkayu sangat mengapresiasi kegiatan BPKPD Gedor 4+1 itu yang disampaikan langsung oleh Camat Bulutaba, Komang Swastana.

 

Atas nama Pemerintah Kabupaten Pasangkayu dan seluruh masyarakat Kecamatan Bulutaba dan Kecamatan Lariang, Dia menyampaikan  terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada BPKPD Sulbar dengan adanya Gerakan BPKPD Gedor tersebut.

 

"Kegiatan ini tentunya bermanfaat bagi masyarakat kami, Saya bangga Kepada BPKPD Sulbar,"ucapnya. (rls)

Read 333 times
(0 votes)