13 Des 2023

Antisipasi Covid-19 Saat Nataru dan Pemilu, Dinkes Siapkan Vaksin dan Antigen

 

Mamuju --Dinas Kesehatan Provinsi Sulbar mengajukan permintaan vaksin dan swab antigen ke Kementerian Kesehatan. Ini bentuk kesiapan Pemda dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 pada Perayaan Natal-Tahun Baru, dan saat Pemilu 2024. 

 

Kepala Dinkes Sulbar dr. Asran mengatakan permintaan tersebut dilandasi imbauan dari Kemenkes atas lonjakan kasus Covid-19 yang mulai meningkat. 

 

Asran mengaku, berdasarkan informasi yang diterima kasus terkonfirmasi terjadi di Sulawesi Selatan. Meskipun belum ada laporan untuk kasus di Sulbar namun perlu diantisipasi. 

 

Kata Kadinkes untuk protokol kesehatan sudah disosialisasikan melalui koordinasi tim Dinkes se Sulbar. Terkait permintaan vaksin dan antigen untuk dipersiapkan ketika ada pemeriksaan atau indikasi yang didapatkan tim di lapangan. 

 

Asran mengatakan, masih memiliki stok vaksin tetapi jumlahnya terbatas sehingga memerlukan tambahan sebagai bentuk kesiapsiagaan pemerintah. "Kalau kurang nanti bisa kita ajukan permintaan lagi ke kementerian," kata Asran , Rabu, 13 Desember 2023

 

Lanjut Asran menjelaskan, untuk Nataru, yang diantisipasi adalah lonjakan pengunjung masuk Sulbar sehingga salah alternatifnya ketika perlu dilakukan pemeriksaan secara masif akan dikoordinasikan dengan lintas sektor, baik kepolisian maupun dinas perhubungan dalam memeriksa pintu masuk Sulbar. 

 

Sementara untuk pemilu, sasarannya adalah di TPS. Pihaknya akan terus berkoordinasi tim di setiap kabupaten dan siap memfasilitasi ketika memerlukan pemeriksaan antigen atau vaksinasi. (Rls)

Read 254 times Last modified on Kamis, 14 Desember 2023 11:04
(0 votes)