21 Nov 2023

HKG PKK ke 51 Tahun, Momen Perkuat Komitmen Bantu Pemerintah Selesaikan Masalah 4+1 Sulbar

 

Mamuju --Tim Penggerak PKK Provinsi Sulbar menggelar acara peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 51 Tahun di Tribun Lapangan Rujab Gubernur Sulbar, Selasa , 21 November 2023

 

Tema peringatan HKG PKK Ini Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera Dan Tangguh Mewujudkan Indonesia Tumbuh. Acara berlangsung juga disiarkan secara live melalui YouTube Pemprov Sulbar.

 

Acara dimulai dengan diawali pembacaan sejarah PKK oleh Staf Ahli TP PKK Sulbar Kartini Idris, serta laporan panitia terkait program TP-PKK Sulbar. Dilanjutkan dengan Penandatangan Komitmen Bersama TP PKK Sulbar bersama Badan kerjasama organisasi wanita Sulbar, LSM pemerhati anak dan perempuan provinsi Sulbar dalam membantu program pemerintah dalam penanganan dan penyelesaian masalah Kemiskinan Ekstrem, Anak Tidak Sekolah, Stunting dan Perkawinan Anak. 

 

Selain itu penyerahan Piagam Penghargaan oleh PJ Ketua TP. PKK Sulbar Ninuk Triyanti Zudan kepada sejumlah perbankan, dan instansi vertikal yang berkontribusi mendukung program TP PKK Sulbar. Serta penyerahan hadiah lomba dan bantuan, dan ditutup dengan pemotongan tumpeng dan penyerahan penghargaan dan hadiah kepada TP PKK kabupaten.

 

Turut hadir PJ Gubernur Sulbar Prof.Zudan Arif Fakrulloh, serta jajaran, Ketua DPRD Sulbar Suraidah Suhardi dan forkopimda Sulbar, sejumlah organisasi lembaga pemerhati anak dan perlindungan perempuan di Sulbar.

 

Pj. Ketua TP PKK Sulbar Ninuk Triyanti Zudan berterima kasih atas dukungan berbagai pihak sehingga rangkaian HKG ke 51 dapat berjalan lancar. Menurutnya peringatan HKG menjadi momen memperkuat sinergitas dengan instansi terkait dalam mewujudkan keluarga sejahtera dan tangguh

 

"Program PKK ini berkaitan langsung dengan aspek kehidupan sehingga kita akan terus mendorong sinergi dengan berbagai pihak untuk melakukan edukasi pendampingan ke masyarakat," kata Ninuk. 

 

Ninuk melanjutkan dengan membacakan sambutan Ketua TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian. Diharapkan peringatan HKG bukan acara seremonial belaka melainkan menimbulkan semangat baru dan energi baru dalam gerakan PKK. 

 

Sebagaimana tema HKG, mengandung makna kebersamaan dan keterpaduan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan kesehatan masyarakat, misalnya dalam percepatan penurunan stunting apabila disertai dengan dukungan peran serta dan gotong royong maka hasil dan dampaknya akan memiliki nilai tambah yang luar biasa. 

 

"Ini harus kita sadari bersama bahwa gerakan PKK itu sesungguhnya merupakan modal sosial bagi bangsa Indonesia," kata Ninuk.

 

Olehnya Ninuk mengajak seluruh TP PKK Sulbar untuk menggelorakan semangat kebersamaan untuk bergerak bersama mendukung program pemerintah. 

 

"Pencapaian program pemerintah perlu kita dorong melalui peran gerak nyata gerakan PKK Sulbar. Oleh karena itu gelorakan terus semangat kebersamaan untuk Bergerak bersama bagi kebajikan seluruh umat dan seluruh keluarga serta lingkungan kita," ungkapnya. 

 

Pj. Gubernur Sulbar , Prof Zudan Arif Fakrulloh berterima kasih atas kehadiran TP PKK dalam mendukung program pemerintah, dia juga mengapresiasi atas dukungan TP PKK dalam mengintervensi masalah 4+1 Sulbar. 

 

"PKK tidak bisa jalan sendiri harus bersama pemerintah, dan pemerintah juga harus mendukung program PKK," ucap Zudan.

 

Menurutnya PKK dan pemerintah satu paket maka pola kerja sama harus dibangun, salah satunya dengan bergerak bersama PKK melakukan intervensi di ribuan posyandu di Sulbar.

 

"Kepada pengurus semuanya saya ingin juga memberikan apresiasi ucapan terima kasih karena sudah 51 tahun tentu banyak karyanya, banyak sudah dukungan PKK selama ini tak terkira dan tak terhitung banyaknya. Semoga ibu-ibu PKK selalu Allah berkati Terima kasih banyak atas bantuannya," ucap Zudan. 

 

Beberapa harapan Zudan disampaikan melalui sejumlah pantun dalam sambutannya, diantaranya "Pagi Siang Malam Tak kenal lelah, banyak karya yang PKK sudah buat, membantu berbagai kegiatan pemerintah, apresiasi ibu PKK, semoga Allah beri berkah,"kata Prof Zudan

 

Selain kepada PKK Prof.Zudan juga membuat pantun kepada OPD agar mendukung program PKK. : "Pemda sadar pentingnya pembangunan, PKK bergerak penuh dengan perhatian, Pemda siap memberi bantuan, juga siap untuk mensukseskan," sambungnya

 

Terakhir PJ Gubernur juga menyampaikan selamat HKG PKK melalui pantun: "Perusahaan besar bermerek Bukaka, perusahaan besar modalnya kuat selamat Hari Kesatuan gerak PKK semoga PKK semakin banyak berbuat," . tutup Zudan. (Rls)

Read 1028 times
(0 votes)