15 Nov 2023

DPUPR Sulbar-LKPP Gelar Bimtek Katalog Elektronik Lokal Lingkup Pemprov Sulbar

 

MAMUJU--Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sulbar bekerjasama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Pemerintah (LKPP), dalam menerapkan Katalog Elektronik Lokal di lingkup Pemprov Sulbar. 

 

Melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) Katalog Elektronik Lokal yang digelar di Aula Kantor DPUPR Sulbar, 14-16 November 2023, DPUPR Sulbar ingin penerapan aplikasi tersebut menjawab tantangan layanan pemerintahan di era digital ini.

 

Peserta Bimtek terdiri dari seluruh bidang pelaksana konstruksi DPUPR Sulbar, Disdikbud, Dinkes, Disperkim, DKP dan Biro Barang dan Jasa. 

 

Fitur yang tersedia dalam E-Katalog nantinya dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses pelayanan yang cepat, mudah dan transparan, dengan kehadiran Katalog Elektronik Lokal. 

 

Kepala DPUPR Sulbar, Rachmad mengatakan, Katalog Elektronik Lokal menjadi instrumen baru dalam menciptakan proses pengadan barang/jasa pemerintah yang terbuka dan efisien. Menurutnya, melalui E-Katalog, pembelian barang dan jasa bisa dilakukan secara cepat dan mudah. 

 

"Pada intinya kita ingin keluar dari zona nyaman, kita ingin memperbaiki sistem yang ada dan bagaimana kita berdayakan produk lokal melalui penerapan E-Katalog," kata Rachmad, di Kantor DPUPR Sulbar, Rabu 15 November 2023

 

Penelaah Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa, LKPP, Rani Esi Hapsari sangat mengapresiasi inisiatif yang dilakukan DPUPR Sulbar dalam melaksanakan Bimtek Katalog Elektronik Lokal. 

 

"Sangat kelihatan inisiatifnya dan kemauan belajar peserta sangat tinggi. Banyak diskusi dan pertanyaan untuk mengetahui teknisnya. Semoga kedepannya bisa berjalan lancar di tahun 2024," ujarnya. 

 

Dalam penerapannya, kata dia, paket atau kegiatan yang biasa melalui proses tender dan penunjukan langsung bisa beralih ke sistem tersebut. Menurutnya, E-Katalog sangat mudah digunakan. 

 

"Setiap produk yang ingin dibeli sudah terpajang di etalase sebagai fitur dalam E-Katalog. Tidak kalah penting semua tercatat di sistem. Semua orang bisa ikut mengawasi dan memantau jalannya proses pengadaan barang/jasa di pemerintahan," ungkapnya. 

 

Kepala Bidang Bina Jasa Konstruksi, DPUPR Sulbar, Andi Erlan Hatta Dai menuturkan, kegiatan itu merupakan tindak lanjut Surat Edaran (SE) Gubernur Sulawesi Barat Nomor 34 Tahun 2023, tentang Pemanfaatan Katalog Elektronik Lokal.

 

"Kami optimis dengan banyaknya pilihan dan fleksibilitas dalam membeli produk pemerintah dapat memilih dan menentukan pembelian produk sesuai dengan kebutuhannya. Apalagi, informasi spesifikasi, harga dan merek telah dibuka dan dapat diakses oleh semua pihak," ungkapnya. 

 

Ia menambahkan, Bimtek tersebut digelar selama tiga hari. Beberapa materi disampaikan sejak hari pertama hingga hari terakhir. Selain pemateri dari LKPP, pihaknya juga mengundang pemateri dari UKPBJ Sulsel, yang telah mendapat penghargaan kedua terbaik nasional.

 

"Ini akan menjadi ajang tukar informasi dan hal mendasar yang akan dilaksanakan PP/PPK dalam mengambil keputusan terhadap kegiatan 2024 nanti," ujarnya.

 

Ia berkomitmen membuat proses belanja dan pengadaan pemerintah menjadi lebih akuntabel. Hal ini, kata dia, merupakan babak baru dunia konstruksi Sulbar.

 

"Setiap harga produk sudah termasuk pajak sehingga menjamin akuntabilitas serta menghemat pengeluaran rutin pemerintah," tandasnya. 

 

Sekadar diketahui, Katalog Elektronik Lokal menjadi platform dan alternatif proses pengadaan yang mudah bagi para pelaku pengadaan barang dan jasa pemerintah. Katalog Elektronik merupakan aplikasi belanja online yang dikembangkan LKPP. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam produk dari berbagai komoditas yang dibutuhkan pemerintah.

 

Fitur ini memberikan efisiensi bagi para penyedia, karena penyedia tidak perlu datang langsung ke LKPP hanya untuk mencari informasi seputar informasi seputar katalog. Penyedia cukup mengakses alamat website katalog LKPP. (rls)

 

#pemprovsulbar

#sulbarjaya

#sulbarmaju

#sulbarmalaqbi

#sulbar

@kominfosulbar

@ikp

#mamuju

#majene 

#polewali

#mamasa

#pasangkayu

#mateng

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   YouTube : Pemprov Sulbar 

 

Instagram: @pemprov_sulbar

 

Facebook /Fanpage : Pemprov Sulawesi Barat/ Pemprov Sulbar

 

Website : https://berita.sulbarprov.go.id/

 

Tik tok : @pemprov.sulawesibarat

Read 398 times
(0 votes)