16 Nov 2023

Monev Aplikasi Sipemimpin, Jawaban Keberlangsungan Program Infrastruktur Pada DPUPR Sulbar

 

MAMUJU--Dalam rangka memenuhi target reformasi birokrasi, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sulbar menciptakan suatu aplikasi yakni Sistem Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan Infrastruktur (Sipemimpin). Hal ini dijadikan sebagai program unggulan DPUPR Sulbar, sebagai suatu inovasi yang hebat dan mumpuni dalam menjawab tantangan di dunia kerja konstruksi Sulbar.

 

Bertempat di Aula DPUPR Sulbar, Senin 13 November 2023 dilaksanakan Rapat Koordinasi terkait Monitoring dan Evaluasi (Monev) Tugas Pengawasan Jasa Konstruksi dalam penerapan program itu.

 

Untuk diketahui, terdapat dua kali kegiatan rutin yang dilaksanakan terkait hal tersebut, yakni sosialisasi kegiatan, dan di akhir tahun selalu dilakukan Monev sejauhmana penerapan yang dapat dilaksanakannya. 

 

Sesuai schedule yang ada pada Dinas PUPR Sulbar, mestinya target di sistem pengelolaan itu sudah 80-90 persen. Hal ini dapat dievaluasi melalui aplikasi Sipemimpin ini. Apabila konsisten dalam pengelolaan aplikasi dalam hal pengisisan laporan, jawaban ini akan menjadi solusi bagi pimpinan pengambil kebijakan. Namun jika terjadi deviasi yang signifikan, akan menjadi hal yang akan dievaluasi, tentunya melibatkan seluruh stakeholder pelaksanaan teknis pembangunan konstruksi di DPUPR Sulbar.

 

Kepala DPUPR Sulbar, Rachmad mensupport kegiatan itu sebagai bagian penting dalam mempercepat progres DPUPR Sulbar. Olehnya Ia meminta pihaknya untuk melaporkan hasilnya dan akan ditindaklanjuti secara bersama-sama.

 

Kepala Bidang Jasa Konstruksi DPUPR SulBar, Andi Erlan Hatta menyampaikan, program unggulan tersebut merupakan inovasi dari Bidang Bina Jasa Konstruksi pada DPUPR Sulbar dan tahun ini menjadi tahun ketiga pelaksanaannya dan juga menjalankan perintah Permen PUPR No.1 Tahun 2023 Tentang Pengawasan Penyelenggaran Jasa Konstruksi. 

 

"Ini menjadi solusi bersama karena semua berkas-berkas kegiatan diinput pada aplikasi ini. Sehingga, penyimpanan data dapat secara digital dilaksanakan. Hal ini dibuat, mengingat daerah kita adalah rawan bencana, agak susah menyimpan dan mencari data kontrak dan laporan jika terjadi gempa atau bencana alam lainnya," ujarnya

 

Olehnya itu, kata Dia, jika tidak ada aral melintang, pihaknya akan lintas dinas agar semua yang bekerja konstruksi dapat memanfaatkan aplikasi itu.

 

"Semoga Allah SWT mudahkan, dan kita bisa memanfaatkan aplikasi ini,"harapnya. (rls)

 

#pupr

 

#pemprovsulbar

#sulbarjaya

#sulbarmaju

#sulbarmalaqbi

#sulbar

@kominfosulbar

@ikp

#mamuju

#majene 

#polewali

#mamasa

#pasangkayu

#mateng

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   YouTube : Pemprov Sulbar 

 

Instagram: @pemprov_sulbar

 

Facebook /Fanpage : Pemprov Sulawesi Barat/ Pemprov Sulbar

 

Website : https://berita.sulbarprov.go.id/

 

Tik tok : @pemprov.sulawesibarat

Read 276 times
(0 votes)