15 Okt 2023

Dinas Transmigrasi Sulbar Dorong Kemitraan Berbasis Unggulan Desa di Kawasan Transmigrasi Melalui Workshop

 

MAMUJU--Dalam rangka menyusun strategi Desa dan Bumdes dalam penetapan kemitraan berbasis produk unggulan desa di kawasan transmigrasi, Dinas Transmigrasi Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melaksanakan Workshop Kerjasama Kemitraan Desa Kawasan Transmigrasi Sulbar di Hotel Srikandi, Mamuju, Kamis 12 Oktober 2023. 

 

Kegiatan yang berlangsung hingga 14 Oktober 2023 tersebut dibuka langsung Kepala Dinas Transmigrasi Sulbar Ibrahim. Workshop menghadirkan beberapa narasumber, yakni Kepala Dinas Pertanian Sulbar Muhtar, Kepala Dinas PMD Sulbar Muh. Jaun, GM Pupuk Kaltim, Formulator Pertanian Wayan Supadno, Pimpinan  CV. Mutiara Selatan (Horti dan Buah), Founder Sulbar Digital Rusdin, dan Tenaga Ahli Bank Indonesia. 

 

Kepala Dinas Transmigrasi Sulbar Ibrahim mengatakan pihaknya sangat mengharapkan pengembangan ekonomi desa di kawasan transmigrasi wajib dilakukan pendekatan klaster berbasis unggulan.

 

'Hal ini merupakan program prioritas Pj. Gubernur Sulbar, baik untuk ketahanan pangan dan atau untuk peningkatan PAD Desa, yang akan memberikan kesejahteraan kepada masyarakat di Sulbar,"kata Ibrahim dalam sambutannya

 

Ibrahim juga mengatakan, penetapan kawasan transmigrasi oleh Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi RI kepada enam kabupaten di Sulbar, diharapkan dapat menjadi sentra pertumbuhan perekonomian berbasis kemitraan dengan arah kebijakan sebagai berikut, pertama peningkatan kapasitas sumber daya manuasia yang unggul, yakni meningkatkan kapasitas masyarakat kawasan transmigrasi dan pemanfaatan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna untuk mengembangkan produk unggulan.

 

Kedua, pengembangan usaha ekonomi masyarakat transmigrasi dan sekitarnya, melalui fasilitasi pengelolaan Klaster/Bumdes/Bundesma dan meningkatkan ketersediaan sarana prasarana produksi khususnya benih, pupuk, pasca panen, pengolahan hasil pertanian, perikanan, destinasi wisata dalam bentuk klaster. Membangun agribisnis kerakyatan melalui bank khusus pertanian UMKM dan Koperasi. Fasilitasi pembinaan maupun pendampingan dalam pengembangan usaha, kesempatan berusaha dan pemasaran.

 

"Arah kebijakan dan strategi tersebut, kami mengharapkan kemitraan yang terjalin dalam desa- desa kawasan transmigrasi ini, dapat dilaksanakan oleh mitra bisnis baik Bumdes dan Investor untuk komoditas unggulan atau bisnis lainya, yang dapat menjadi produk unggulan untuk kesejahteraan masyarakat di Sulbar,"ucapnya

 

Melalui workshop kemitraan dan berdasarkan Perpres 50 Tahun 2018 perihal Koordinasi dan Integrasi Penyelenggaraan Transmigrasi, diharapakan semua lintas sektor  baik OPD, Kementrian, Mitra Usaha/Swasta dapat saling mendukung dan berkontribusi dalam pengembangan produk unggulan di Sulbar. 

 

"Untuk itu, kami sangat mendukung kerja nyata dalam pemberdayaan lahan usaha di desa melalui Kemitraan Badan Usaha dan Kemitraan Investor dengan mengutamakan kesejahteraan masyarakat,"tutupnya (rls)

Read 555 times
(0 votes)