15 Okt 2023

Oktober, Harga TBS Kelapa Sawit di Sulbar Stabil

 

MAMUJU--Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melaksanakan Rapat Penetapan Indeks "K" dan Harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit Produksi Pekebun Se-Sulbar Periode Oktober 2023 di Hotel Berkah Jln. Soekarno Mamuju, Kamis 12 Oktober 2023.

 

Penetapan harga TBS bertujuan sebagai acuan oleh Pabrik Kelapa Sawit (PKS) dalam pembelian TBS Petani kelapa sawit mitra.

 

Selain itu, untuk memberikan kepastian dan perlindungan perolehan harga yang wajar dari tandan buah segar kelapa sawit produksi pekebun, serta menghindari persaingan tidak sehat antara PKS.

 

Bulan ini harga rata-rata CPO sebesar Rp.10.387,48/kg dan harga inti sawit sebesar Rp.4.725.86/kg. Berdasarkan hal itu, Tim Penetapan menetapkan harga TBS Kelapa Sawit periode Oktober pada umur tanam 10-20 tahun sebesar Rp. 2.107.32/kg dengan indeks “K” 85.19 persen.

 

Jika dibandingkan periode September sebesar Rp.2.106/kg, terdapat sedikit kenaikan sebesar satu rupiah. Kondisi ini menggambarkan harga TBS periode Oktober stabil.

 

"Alhamdulillah, hari ini Tim penetapan sepakat bahwa harga penjualan TBS Sulbar umur tanam 10-20 tahun sebesar Rp. 2.107.32/kg, dengan indeks “K” 85.19 persen,"kata Syamsul Ma'rif, Kepala Dinas Perkebunan Sulbar

 

Menurut Syamsul, adanya peningkatan harga TBS merupakan kabar menggembirakan karena periode ini stabil.

 

Dia menegaskan, dengan ditetapkannya harga TBS semua perusahaan wajib memberlakukan harga TBS sesuai ditetapkan Tim penetapan.

 

Ia menambahkan, harga TBS tersebut berlaku sejak ditetapkan sampai pada penetapan harga TBS berikutnya.

 

Rapat dihadiri Tim Penetapan Harga TBS Kelapa Sawit, terdiri dari OPD lingkup Pemprov Sulbar seperti Dinas Dagperinkop-UKM, Dinas Perhubungan, Dinas Tenaga Kerja, Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan, serta Biro Hukum. Sementara dari OPD tingkat kabupaten, yaitu Dinas Perkebunan Mamuju, Dinas Tanaman Pangan dan Pertanian Mamuju Tengah, Dinas Perkebunan dan Peternakan Pasangkayu.

 

Kegiatan itu, juga dihadiri perwakilan dari GAPKI Cabang Sulawesi, Apkasindo Sulbar, DPW Apkasindo Perjuangan Sulbar, SPKS Sulbar dan 11 Perusahaan Kelapa Sawit yang ada di Sulbar. (rls)

Read 1243 times
(0 votes)