07 Agu 2023

Ekonomi Sulawesi Barat Triwulan Ii 2023 Tumbuh 6,42 Persen

 

MAMUJU -- Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulbar mencatat perekonomian Sulbar tumbuh sebesar 6,42 persen di triwulan II 2023 secara (y-on-y) atau dari tahun ke tahun.

 

Kepala BPS Sulbar , Tina Wahyufitri menjelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi Sulbar disebabkan oleh meningkatnya nilai tambah hampir diseluruh sektor.

 

"Kalau dibandingkan dengan triwulan I-2023, perekonomian Sulawesi Barat tumbuh sebesar 9,26 persen (q-to-q). Hal ini memicu juga pertumbuhan secara kumulatif sebesar 5,00 persen, yakni semester I-2023 dibandingkan semester I-2022 (c-to-c),"kata Tina.

 

Ia mengatakan, peningkatan penciptaan nilai tambah terjadi pada hampir semua kategori lapangan usaha dengan besaran yang bervariasi. 

 

Peningkatan nilai tambah terbesar menurut lapangan usaha adalah industri pengolahan sebesar 15,49 persen (y-on-y), sedangkan menurut pengeluaran adalah komponen ekspor sebesar 13,28 persen (y-on-y). 

 

Tina menyebutkan bahwa beberapa sektor industri seperti pertanian menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi Sulbar.

 

"Sumber pertumbuhan ekonomi terbesar terjadi pada kategori Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan,"ucap Tina.

 

Sementara dari sisi pengeluaran, sumber pertumbuhan ekonomi terbesar berasal dari komponen Net Ekspor (Ekspor dikurangi Impor). (rls)

Read 1111 times
(0 votes)