19 Mar 2023

Idris : Pengelolaan Sampah Harus Dimulai Dengan Kesadaran

 

Mamuju -- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI), bekerjasama Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Pemrov Sulbar), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju, dan Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (IKA Unhas) Wilayah Sulbar, menggelar Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Skala Regional Sulawesi 2023, Minggu 19 Maret 2023.

 

Berlangsung di Lapangan Terbuka Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Mamuju, kegiatan itu mengangkat tema "Tuntas Kelola Sampah Untuk Kesejahteraan Masyarakat".

 

Sekprov Sulbar Muhammad Idris, yang juga Ketua IKA Unhas Wilayah Sulbar menyampaikan, kegiatan itu bertujuan bagaimana setiap warga negara dan pemerintah daerah bisa bersatu memberi atensi terhadap persoalan sampah di Indonesia, sebab sampah merupakan persoalan nasional.

 

"Sampah sebetulnya adalah inti kehidupan kita secara bermasyarakat dan bernegara, dan tidak ada sampah nasional terkelola dengan baik tanpa sumbangsi berbagai pihak,"kata Idris saat ditemui awak media 

 

Menurut Idris, pentingnya acara tersebut karena bicara soal kendali keluarga, oleh karenanya harus dimulai dengan kesadaran. 

 

"Harusnya kita mulai dengan kesadaran, pendidikan paling substansial itu ada di rumah tangga soal pengelolaan sampah,"ucap Idris  

 

Sementara, Kepala P3E Sulawesi dan Maluku KLHK RI, Darhamsyah menuturkan, dengan komitmen yang kuat dari pemerintah untuk memassifkan kolaborasi antar kabupaten, provinsi hingga nasional dan masyarakat, diyakini sampah dapat tertangani. 

 

"Peran masyarakat sangat dibutuhkan, baik itu hal-hal kecil, semisal memilah sampah basah dan sampah kering, dimanapun kita melihat sampah itu diambil dan dimasukkan ke dalam tempat sampah. Inilah yang disebut pendidikan pengelolaan sampah,"katanya

 

Pada kegiatan itu, dilakukan penyerahan secara simbolis Buku Tabungan Simpel Bank Sampah kepada perwakilan siswa SMA 1 Mamuju oleh Sekprov Sulbar. Itu merupakan kerjasama BNI dan SMA 1 Mamuju, yang diharapkan dapat mendorong pendidikan pengelolaan sampah, seperti pengadaan tempat sampah di setiap sekolah. ( Suaib )

Read 257 times
(0 votes)